WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMP PURNAMA 1 SEMARANG
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Fisika cukup rendah,
padahal IPA sekarang menjadi mata pelajaran yang ikut Ujian
Nasional. Untuk mensiasati hal tersebut, perlu dikembangkan media?óÔé¼ÔÇ£
media yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat siswa dalam
belajar fisika sehingga dapat mendongkrak hasil belajar siswa. Media
yang dimaksud adalah wayang. Masalah yang diungkap dalam
penelitian ini adalah bagaimana memfungsikan wayang sebagai
media pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran
fisika menggunakan media wayang pada pokok bahasan getaran dan
gelombang pada siswa kelas VIII SMP Purnama 1 Semarang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII
SMP Purnama 1 Semarang pada semester ganjil tahun 2008/2009.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wayang sebagai
media pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan rata-rata
hasil belajar IPA Fisika pada ranah kognitif maupun afektif siswa.
Berturut-turut mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 selalu mengalami
peningkatan.
padahal IPA sekarang menjadi mata pelajaran yang ikut Ujian
Nasional. Untuk mensiasati hal tersebut, perlu dikembangkan media?óÔé¼ÔÇ£
media yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat siswa dalam
belajar fisika sehingga dapat mendongkrak hasil belajar siswa. Media
yang dimaksud adalah wayang. Masalah yang diungkap dalam
penelitian ini adalah bagaimana memfungsikan wayang sebagai
media pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran
fisika menggunakan media wayang pada pokok bahasan getaran dan
gelombang pada siswa kelas VIII SMP Purnama 1 Semarang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII
SMP Purnama 1 Semarang pada semester ganjil tahun 2008/2009.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wayang sebagai
media pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan rata-rata
hasil belajar IPA Fisika pada ranah kognitif maupun afektif siswa.
Berturut-turut mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 selalu mengalami
peningkatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i1.103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]