PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PERMAINAN MONOPOLI BAGI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GAJAH DEMAK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAFisika.
Manfaat dari penelitian ini secara umum adalah untuk
mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPAFisika
melalui permainan ?óÔé¼?ômonopoli?óÔé¼?Ø serta sebagai dasar
penelitian selanjutnya. Manfaat praktis bagi siswa untuk
meningkatkan hasil belajarnya, meningkatkan rasa senang dan
motivasi belajar IPA-Fisika. Bagi guru bermanfaat untuk
mendorong kreativitas dan inovasi dalam mendesain
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan
(Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan
(Observing) dan refleksi (Reflecting) oleh guru dalam bentuk
kartu. Hasil pekerjaan siswa didiskusikan dalam kelompok dan
tidak dipresentasikan. Pada siklus II juga demikian. Setelah siswa
bekerja secara individu hasilnya didiskusikan pada kelompok
besar. Perwakilan dari kelompok besar mempresentasikan
hasilnya ke depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Hasil
belajar selama 3 kali ulangan harian sebelum diberi tindakan nilai
tertinggi yang dicapai oleh siswa sebesar 79, nilai terendahnya 37
dan rata-rata nilainya 49. jumlah siswa yang aktif kurang lebih 13
anak dari 20 anak atau 65 %. Pada siklus I hasil belajar siswa
meningkat yaitu nilai tertinggi 87, nilai terendah 33, dan rata-rata
nilai sebesar 63. Rata-rata 93,33 %. Hasil belajar siswa pada
siklus II nilai tertinggi 90, nilai terendah 40, dan rata-rata nilai
sebesar 67, rata-rata peran aktif siswa 98 %.
Manfaat dari penelitian ini secara umum adalah untuk
mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPAFisika
melalui permainan ?óÔé¼?ômonopoli?óÔé¼?Ø serta sebagai dasar
penelitian selanjutnya. Manfaat praktis bagi siswa untuk
meningkatkan hasil belajarnya, meningkatkan rasa senang dan
motivasi belajar IPA-Fisika. Bagi guru bermanfaat untuk
mendorong kreativitas dan inovasi dalam mendesain
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan
(Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan
(Observing) dan refleksi (Reflecting) oleh guru dalam bentuk
kartu. Hasil pekerjaan siswa didiskusikan dalam kelompok dan
tidak dipresentasikan. Pada siklus II juga demikian. Setelah siswa
bekerja secara individu hasilnya didiskusikan pada kelompok
besar. Perwakilan dari kelompok besar mempresentasikan
hasilnya ke depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Hasil
belajar selama 3 kali ulangan harian sebelum diberi tindakan nilai
tertinggi yang dicapai oleh siswa sebesar 79, nilai terendahnya 37
dan rata-rata nilainya 49. jumlah siswa yang aktif kurang lebih 13
anak dari 20 anak atau 65 %. Pada siklus I hasil belajar siswa
meningkat yaitu nilai tertinggi 87, nilai terendah 33, dan rata-rata
nilai sebesar 63. Rata-rata 93,33 %. Hasil belajar siswa pada
siklus II nilai tertinggi 90, nilai terendah 40, dan rata-rata nilai
sebesar 67, rata-rata peran aktif siswa 98 %.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i1.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]