PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS XI-AV SEMESTER GENAP SMK FUTUHIYYAH MRANGGEN DEMAK
Abstract
Keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fisika teknologi
cukup rendah, padahal Fisika Teknologi merupakan salah satu mata
pelajaran yang dijadikan Ujian Sekolah di tingkat Sekolah
Kejuruan. Untuk mensiasati hal tersebut, dikembangkan model
pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization yang
dimaksudkan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga
dapat mendongkrak prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika
teknologi menggunakan model kooperatif Team Assisted
Individualization pada siswa kelas XI-AV SMK Futuhiyyah
Mranggen Demak semester genap 2007/2008. Metode Pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek
penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI-AV SMK Futuhiyyah
Mranggen pada semester genap tahun 2007/2008. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe TAI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dengan
adanya peningkatan rata-rata Fisika teknologi dalam ranah kognitif
siswa. Hasil belajar siswa berturut-turut mengalami peningkatan
dari siklus 1 sampai siklus 2.
cukup rendah, padahal Fisika Teknologi merupakan salah satu mata
pelajaran yang dijadikan Ujian Sekolah di tingkat Sekolah
Kejuruan. Untuk mensiasati hal tersebut, dikembangkan model
pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization yang
dimaksudkan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga
dapat mendongkrak prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika
teknologi menggunakan model kooperatif Team Assisted
Individualization pada siswa kelas XI-AV SMK Futuhiyyah
Mranggen Demak semester genap 2007/2008. Metode Pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek
penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI-AV SMK Futuhiyyah
Mranggen pada semester genap tahun 2007/2008. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe TAI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dengan
adanya peningkatan rata-rata Fisika teknologi dalam ranah kognitif
siswa. Hasil belajar siswa berturut-turut mengalami peningkatan
dari siklus 1 sampai siklus 2.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i2/septembe.115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]