Penerapan LKS Berbasis PhET untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Arus Listrik Bolak Balik
Abstract
Miskonsepsi masih sering terjadi pada siswa khususnya pada pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan menerapkan LKS dengan menggunakan program simulasi PhET untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi arus bolak balik. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Responden penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu XII MIPA 1, XII MIPA 2, dan XII MIPA 6 dengan jumlah siswa pada masing masing kelas 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes awal sebelum pembelajaran dimulai dan tes setelah melakukan pembelajaran dengan instrumen tes berupa soal miskonsepsi four-tier. Teknik analisis penurunan miskonsepsi menggunakan uji T berpasangan dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan siswa yang mengalami peningkatan pemahaman konsep yang menyebabkan penurunan miskonsepsi untuk ketiga kelas adalah 0,7944; 0,6819; 0,8421 dengan kategori cenderung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis PhET dapat digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa.
Kata kunci: miskonsepsi, arus listrik bolak balik, LKS berbasis PhET
Full Text:
PDFReferences
Trisnawati A, Erniwati E and Eso R 2020 Analisis Miskonsepsi terhadap Materi Rangkaian Listrik Searah (DC) Pada Siswa SMK Negeri Kota Kendari Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test J. Penelit. Pendidik. Fis. 5 287
Suparno P 2013 Miskonsespsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika (Jakarta: Gramedia)
Masita S I, Donuata P B, Ete A A and Rusdin M E 2020 Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik J. Penelit. Pendidik. Fis. 5 136
Elisa, Mardiyah A and Ariaji R 2017 Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation 1 15–20
Suswati L, Athoahrah S and Rosmiati 2021 Pengembangan LKS Materi Usaha Dan Energi Bebasis Media PHET Pada Siswa Kelas XI SMA 4
Rizaldi D R, Jufri A W and Jamal J 2020 PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika J. Ilm. Profesi Pendidik. 5 10–4
Prastowo A 2011 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Yogyakarta: Diva Press)
Darmodjo H and Kaligis J R E 2002 Pendidikan IPA II (Jakarta: Depdikbud, Dirjend Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan)
Andriani E, Harijanto A, Program M and Pendidikan S 2015 Remedi Miskonsepsi Beberapa Konsep Listrik Dinamis pada Siswa SMA Melalui Simulasi PhET 362–9
Abdullah M 2017 Fisika Dasar II (Bandung: Institut Teknologi Bandung)
Prastyaninda F A, Sukarmin S and Suparmi S 2018 Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa J. Pendidik. IPA 7 209
Azizah R, Yuliati L and Latifah E 2015 Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA J. Penelit. Fis. dan Apl. 05 44–50
Astuti I A D, Bhakti Y B and Prasetya R 2021 Four Tier-Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT): Instrumen Evaluasi Medan Magnet Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah) 5 110–5
Agustin R D and Harijanto A 2018 Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik Menggunakan Four-Tier Test Di Sma J. Pembelajaran Fis. 7(2) 141–6
Zaleha Z, Samsudin A and Nugraha M G 2017 Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCIBentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan 3 36
Rawh P, Samsudin A and Nugraha M G 2020 Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Profil Konsepsi Siswa pada Materi Alat-Alat Optik WaPFi (Wahana Pendidik. Fis. 5 84–9
Rukminingsih, Adnan G and Latief M A 2020 Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas vol 53 (Yogyakarta: Erhaka Utama)
Hake R R 1999 Analyzing Change/Gain Scores (USA: Dept of Physics Indiana University)
Sujarweni W 2015 SPSS untuk penelitian (Yogyakarta: Pustaka Baru Press)
Ghozali I 2011 Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro)
Windi W A, Taufiq M and Muhammad T 2022 Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efektifitas Pemberian Video Tutorial Dan Ppt Untuk Mengukur Nilai Teori Produktif J. Ilm. Pendidik. Teknol. Inf. 5 405–10
Kohar S, Jatmiko B and Raharjo 2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan simulasi PhET untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa 6 1289–301
Intandari R and Astutik S 2018 Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA J. Pembelajaran Fis. 07 349–55
Fahmi Y and Syarif F 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas J. Pendidik. Fis. dan Teknol.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]