Pembelajaran melalui Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kemagnetan Peserta Didik Kelas IX Semester Dua Tahun Ajaran 2012/2013
Umrotun Umrotun
Abstract
Abstrak-Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman konsep kemagnetan, serta memaparkan perubahan perilaku belajar peserta didik kelas IX semester dua tahun ajaran 2012/2013 SMP N 3 Mranggen melalui pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, jumlah siswa 33 orang terdiri 18 siswa perempuan dan 15 siwa laki-laki. Setiap siklus dilakukan tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil penelitian indikator meningkatnya pemahaman tentang kemagnetan menunjukkan persentase sebesar 63,64 % (21 orang) yang belum tuntas sebesar 36,36 % (12 orang) dan nilai rata-rata klasikal 73. Pada siklus II pemahaman tentang induksi elektromagnet yang mencapai tuntas belajar dengan persentase sebesar 93,94 % (31 orang), sedang yang belum tuntas 2 siswa sebesar 6,06 % (2 siswa) dan nilai rata-rata klasikal 82. Dari hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,40 % dan pada siklus II sebesar 87,88 %. Kata kunci: Peningkatan kemampuan pemahaman, peta konsep (concept maps), konsep kemagnetan
Winkel W S 2004 Psikologi Pengajaran (Yogyakarta: Media Abadi)
Sudjana N 1987 Dasar- DasarbProses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo)
Buzan T 2004 Buku Pintar Mind Map (Jakarta: PT Gramedia)
Jansen E K dan Makowitz 2002 Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super (Bandung: Kaifa)
Hudojo H et al 2002 Peta Konsep (Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Pebukuan Depdiknas)
Zulfiani T Feronika K dan Sudrati 2009 Strategi Pembelajaran Sains (Jakarta: UIN Press)
Saragih S 2007 Upaya Memperbaiki Miskonsepsi Pembelajaran Analisis Real melalui Pengajaran Remedial dengan Bantuan Peta Konsep dan Tutor Sebaya Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Khusus I Tahun ke-23