Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang

Mustika Mustika, Ernawati Saptaningrum, Susilawati Susilawati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Semarang. Sampel yang digunakan adalah 32 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar IPA adalah 35 butir soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan LKS dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM = 75,00 lebih signifikan pada kelas eksperimen, dan kategori lebih tinggi dalam perhitungan peningkatan ranah soal pada kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi objek IPA dan pengamatannya terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci: Penggunaan LKS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud 2013 Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Badan PSDMPK-PMP)

Kemendikbud 2015 Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Badan PSDMPK-PMP)

Aunurrahman 2009 Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Penerbit Alfabeta)

Suprijono A 2009 Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Dimyati dan Mudjiono 2009 Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta)

Sudarwan 2013 Pendekatan-pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran (Jakarta: Pusbangprodi)

Hosnan M 2014 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Bogor: Ghalia Indonesia)

Rohaeti W dan Padmaningrum 2009 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Kimis untuk SMP Jurnal penelitian hlm 1-11

Prastowo A 2011 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Yogyakarta: DIVA Press)

Sukmadinata N 2013 Metode Penelitian Pendidikan Cetakan Kesembilan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Trianto 2007 Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Jakarta: Prestasi Pustaka)

Melisa A 2013 Pengaruh LKS Bertampilan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa dalam Pembelajaran Problem Based Intruction Materi Gelombang Bunyi dan Optika di Kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Jurnal Pillar Of Physics Education vol 2 hlm 137-144

Isnaningsih 2013 Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Jurnal Pendidikan IPA

Hake R. 1999 Analyzing Change/Gain Score diakses melalui http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf tanggal 12 Desember 2015




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats