Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Semarang. Sampel yang digunakan adalah 32 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar IPA adalah 35 butir soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan LKS dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM = 75,00 lebih signifikan pada kelas eksperimen, dan kategori lebih tinggi dalam perhitungan peningkatan ranah soal pada kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi objek IPA dan pengamatannya terhadap hasil belajar IPA. Kata Kunci: Penggunaan LKS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar IPA
Melisa A 2013 Pengaruh LKS Bertampilan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa dalam Pembelajaran Problem Based Intruction Materi Gelombang Bunyi dan Optika di Kelas VIII SMPN 3 Bukittinggi Jurnal Pillar Of Physics Education vol 2 hlm 137-144
Isnaningsih 2013 Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Jurnal Pendidikan IPA
Hake R. 1999 Analyzing Change/Gain Score diakses melalui http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf tanggal 12 Desember 2015