Pengembangan Mini Glosarium Fisika Modern Sebagai Referensi Tambahan Peserta Didik Berbasis Augmented Reality

muhamad fachry septian, Feli Cianda Adrin Burhendi

Abstract


Penggunaan media untuk pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mencapai pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggunakan media untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif serta memudahkan peserta didik agar mendeskripsikan sebuah glosarium dibantu dengan sebuah objek 3D berbasis augmented reality. Metode penelitian yang diterapkan adalah pene;itian dan pengembangan(RnD) dalam proses pengembangan sesuai model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Model ADDIE sangat cocok da mendukung untuk penelitian ini, sehingga proses penelitian ini dilakukan pada nilai ilmiah. Sebelum dilakukan pengumpulan data, media pembelajaran dan materi yang tercantum dalam media pembelajaran divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Total data dari seluruh sekolah adalah 139 responden peserta didik. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan hasil yang baik pada tingkat rata-rata 80%, dan hasil uji coba skala besar meningkat pada tingkat rata-rata 88,3%. Maka media pembelajaran ini membantu peerta didik untuk memahami konsep Fisika modern dibantu dengan media augmented reality dan buku glosarium dalam pembelajaran Fisika.


Full Text:

PDF

References


Ismawati I, Mutia N, Fitriani N, and Masturoh S 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi Schrodinger J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis. 2 p 140–146 doi: 10.30998/sch.v2i2.4348.

Burhendi F C A, Dian L W, Kusdiwelirawan A, and Sagita D D 2019 Implementation of blended learning to use discovery learning method Int. J. Innov. Creat. Chang. 5 p 153–163

Burhendi F C A, Abdurrozak A, and Soenarto S 2020 The implementation of blended learning models based liveboard against affective aspects in modern physics course Gravity J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis. 6 p 1–6 2020 doi: 10.30870/gravity.v6i1.7106.

Adi N H, Fernandes A L, and Hermansyah H 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Cetta J. Ilmu Pendidik. 3 p 103–114 doi: 10.37329/cetta.v3i1.414.

Nadori S and Hoyi R 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3D Materi Pengukuran J. Eval. Educ. 1 p 78–82 doi: 10.37251/jee.v1i3.138.

Syefrinando B, Suraida S, and Parman A 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I J. Pendidik. Fis. dan Teknol. 6 p 39–44 doi: 10.29303/jpft.v6i1.1522.

Apriliani I, Ermawati I R, and Hidayat M N 2020 Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Jan Van Den Akker Pada Materi Alat Optik WaPFi (Wahana Pendidik. Fis.) 5 p 61–65.

Adriyani E L and Wulandari T S H 2018 Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Kontekstual Dilengkapi Glosarium pada Materi Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Development of Students Worksheet ( LKS ) Based Contextual Equipped with Glossary in Climate Change Materi Proceeding Biol. Educ. Conf. 15 p 379–387.

Afrila M, Emzir E, and Anwar M 2019 Prosedur Penerjemahan Istilah Bidang Linguistik Dalam Glosarium Gramatika J. Ilm. Kebahasaan dan Kesastraan 7 p 146–154

doi: 10.31813/gramatika/7.2.2019.201.146-154.

Kurniawati T, Ermawaty I R, and Hidayat M N 2019 Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Siswa SMA Prosiding Seminar Nasional Fisika Festival p 168–173.

D. Nurdiana 2020 Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Pengetahuan Bencana Alam Gunung Berapi J. Manaj. Inform. 10 p 122–132 doi: 10.34010/jamika.v10i2.2639.

Putri R M, Susila A B, and Permana H 2019 Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Dilengkapi Dengan Augmented Reality Untuk Siswa SMA Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) 8, SNF2019-PE.

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.05

Sumardani D, Wulandari A, Ramdina S A N, and Doriza S 2019 Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Poster Tatasurya Pros. Semin. Nas. Fis. 8 p 451–456 doi: 10.21009/03.SNF2019.01.PE.57.

Yovan R A R and Kholiq A 2021 Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet PENDIPA J. Sci. Educ. 6 p 80–87 doi: 10.33369/pendipa.6.1.80-87.

Affriyenni Y, Swalaganata G, Mustikasari V R, and Fitriyah I J 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality dengan Unity dan Vuforia JIPVA (Jurnal Pendidik. IPA Veteran) 4 p 160–174 [Online]. Available: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1301.

Dari R W, Purwaningsih S, and Darmaji D 2021 Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika SMA/MA Berbasis KPS menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Pengukuran J. Pembelajaran Inov. 4 p 09–20 doi: 10.21009/jpi.042.02.

Nugroho O S 2021 Pengembangan Aplikasi Modul Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Multimedia Interaktif

Aditya S, Haryoto D, and Pramono N A 2019 Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Android untuk Siswa SMA/MA Kelas X Materi Momentum dan Impuls J. Ris. Pendidik. Fis. 4 p 70–73 [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/.

Ninawati M, Burhendi F C A, and Wulandari W 2021 Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9 J. Educ. FKIP UNMA 7 p 47–54 doi: 10.31949/educatio.v7i1.830.

N. R. Vivien Pitriani, I. G. A. D. Wahyuni, and I. K. P. Gunawan 2021 Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu Cetta J. Ilmu Pendidik. 4 p 515–532 doi: 10.37329/cetta.v4i3.1417.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats