Hasil Analisis Kebutuhan Media Smart Kinematic Car Berbasis IoT (Internet of Things) pada Materi Kecepatan dan Percepatan
Abstract
Penelitian perkembangan teknologi sangat pesat mempengaruhi dunia Pendidikan, salah satunya adalah pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden dalam angket analisis kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran smart kinematic car berbasis IoT (Internet of Things) pada materi kecepatan dan percepatan. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA 4 Muhammadiyah Jakarta dan SMA Bina Dharma. Kemudian, sampel penelitian diambil secara acak dari peserta didik kedua sekolah menengah atas tersebut sejumlah 80 orang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil angket analisis kebutuhan responden menunjukkan bahwa sebanyak 53.20% peserta didik sangat setuju terhadap pengembangan alat praktikum kecepatan dan percepatan dengan penerapan teknologi. Selain itu, sebanyak 80.00% peserta didik setuju dengan penerapan pengembangan media alat praktikum kecepatan dan percepatan dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian, angket analisis kebutuhan ini menjadi studi pendahuluan serta acuan pertama yang digunakan peneliti dalam pengembangan media smart kinematic car berbasis IoT (Internet of Things) pada materi kecepatan dan percepatan.
Full Text:
PDFReferences
Subagyo Y and Marwoto P 2009 Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu Dan Pemuaian Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5 42–6
Silahuddin S 2016 Media Teknologi dan Implikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2 199–207
Didik P, Konsep P, Aryani P R, Akhlis I and Subali B 2019 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA UPEJ Unnes Physics Education Journal 8 90–101
Nurrita T 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3 171
Astuti I A D, Sumarni R A and Saraswati D L 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3 57
Fatimah R A 2019 Teknologi Pendidikan Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran 382–6
Wahyusari R, Wibowo L, Studi Teknik Elektro P, Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu Jln Kampus Ronggolawe Blok No S B and Cepu M 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Capasitive Sensor Dan Arduino Uno Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) 4 155–62
Yusro M 2016 Modul Teori dan Praktikum Mikrokontroler Platform Arduino
Budiharto W 2020 Menguasai Pemrograman Arduino dan Robot (Jakarta)
Utomo A C 2018 Rancang Bangun Sistem Akuisisi Data Pada Kalorimeter Berbasis Mikrokontroler Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa 1 132–8
Suprayitno E, Widoretno S and Yufron A 2019 Rekayasa Pintu Geser Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (Pir) Journal of Chemical Information and Modeling 53 1689–99
Galih Vidia Putra V, Wijayono A, Purnomosari E, Ngadiono N and Irwan I 2019 Studi Penentuan Kalor Jenis Air dan Larutan Garam Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) 3 86–97
Nisa C, Widya P N, Santosa A and Rahmawati E 2014 Perancangan Instrumentasi Pengukur Waktu Dan Kecepatan Mengunakan Dt-Sense Infrared Proximity Detector Untuk Pembelajaran Gerak Lurus Beraturan Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 4 36
Deseera V S, Ilhamsyah and Triyanto D 2017 Rancang bangun alat ukur gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada bidang miring berbasis arduino Jurnal Coding Sistem Komputer Untan 05 47–56
Rafiqah R, Ikbal Muh S and Budiarti A 2022 Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6 247
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.14828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]