Profil Penguasaan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA (Programme for International Student Assessment) Pada Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022

Ernawati Saptaningrum, Duwi Nuvitalia, Affandi Faisal Kurniawan, Novita Eka Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penguasaan literasi sains yang dimiliki siswa SMP Negeri kelas VIII di Kota Semarang dalam menyelesaikan soal-soal sains menurut PISA. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 379 siswa kelas VIII pada 15 dari 45 SMP Negeri yang ada di Kota Semarang dengan teknik purposive sampling yang termasuk dalam kelompok probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu secara daring menggunakan metode soal tes melalui google form dan secara luring metode soal tes diberikan menggunakan soal pada kertas. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kemampuan penguasaan literasi sains siswa SMP Negeri di Kota Semarang pada kelas VIII menurut PISA memiliki kategori sedang. Dimana secara keseluruhan masing-masing tiap level soal literasi sains memiliki perbedaan skor yang cukup signifikan sehingga literasi sains siswa SMP Negeri di Kota Semarang memiliki kelemahan yaitu pada level 4, 5 dan 6. Level literasi sains yang memiliki skor tertinggi yaitu pada level 1 dengan perolehan sebesar 49%, level 2 dengan skor 46%, level 3 58%, level 4 36%, level 5 41%, dan level 6 34%. Skor pada tiap level terdapat perbedaan karena berbedanya jumlah soal dan jenis soal pada setiap levelnya. Kemampuan penguasaan literasi sains pada siswa SMP Negeri di Kota Semarang termasuk dalam ketegori sedang merupakan salah satu penyebab dari menurunnya nilai rata-rata UN SMP Negeri di Kota Semarang tahun 2019 dan menurunnya kemampuan literasi sains menurut PISA 2015/2018.

Full Text:

PDF

References


Archiyesa C A 2019 Education Strategy towards Digital Competences in Welcoming Society 5.0 J Basic Education 4 33–45

OECD 2019 PISA 2018 Assessment and Analytical Framework (Paris)

Rahayu S 2016 Menyiapkan Calon Guru Dalam Berliterasi Sains Melalui Pembelajaran Berkonteks Explisit Nature Of Science (NOS) Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016 9

Milanto S, Zainuddin A and Setyarsih W 2021 Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kabupaten Pamekasan Dalam Bahasan Fluida Statis 10 59–65

Totok Suprayitno 2018 Pendidikan Di indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018 (Jakarta Pusat)

Fuadi H, Robbia A Z, Jamaluddin J and Jufri A W 2020 Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5 108–16

Ulfa U, Saptaningrum E and Kurniawan A F 2017 Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2 257

Salzer C 2018 International Journal of Development Education and Global Learning Assessing Global Competence in PISA 2018: Challenges and Approaches to Capturing a Complex Construct International Journal of Development Education and Global Learning 10 1 6–20

Sari W H K, Sugiarto T and Purnami S 2016 Pengembangan Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto Jurnal Pendidikan Jasmani 26 1–15

Andriani N, Saparini S and Akhsan H 2018 Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment) Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 6 278

Sugiyono Prof Dr 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Penerbit CV.Alfabeta)

Ihsan M S and Jannah S W 2021 Development of interactive multimedia based on blended learning to improve student science literacy during the covid-19 pandemic Jurnal Pijar MIPA 16 438–41

Latip A and Faisal A 2021 Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer Jurnal Pendidikan UNIGA 15 444–52




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.15482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats