Pengaruh Google Sites Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Google Sites berbasis PBL pada materi fluida statis terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Postest. Untuk penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa dari kelas XI IPA di MA Darul ulum palangka raya. Saat menilai kemandirian belajar siswa, digunakan teknik dan alat pengumpulan data, yaitu kuesioner, lembar observasi dan lembar wawancara. Kemudian uji hipotesis menggunakan uji Paired sample t test yang dilakukan menggunakan microsoft excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites berpengaruh pada kemandirian belajar siswa di kelas XI IPA di MA Darul ulum palangka raya dengan nilai t hitung yang diperoleh yaitu 1,763011 > nilai t tabel 1,701.
Full Text:
PDFReferences
D Effendi and A Wahidy 2019 Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG pp. 125-129
M Izzati and H Kuswanto 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika. 3 68-75
T A Aslamiyah, P Setyosari and H Praherdhiono 2019 Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3 109-114
N Saputra, K and N Wedyawati 2020 Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis Web Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendiidkan dan Multidisiplin 3 72-76
H E Putri, I Muqodas, A S Sasqia, A Abdulloh and A Yuliyanto 2020 Increasing self-regulated learning of elementary school students through the concrete-pictorial-abstract approach during the COVID-19 pandemic Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 10 187-202
S Maskar, N D Puspaningtyas, C Fatimah and I Mauliya 2021 Catatan Daring Matematika : Pelatihan Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Daring Communnity Development Journal 2 487-493
M Delfino, G Dettori and D Persico 2008 Self-regulated learning in virtual communities, Technology Pedagogy and Education 17 195-205
B J Zimmerman 2019 Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview, EDUCATIONAL PSYCHOLOGIST 25 3-17
R F Mustofa, A Nabiila and S 2019 Correlation of Learning Motivation with Self Regulated Learning at SMA Negeri 1 Tasikmalaya City International Journal for Educational and Vocational Studies 1 647-650
M Alperi 2019 Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Jurnal Teknodik 23 99-110
E Januarisman and A Ghufron 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 3 166-182
C W Chien 2019 Taiwanese EFL undergraduates’ self-regulated learning with and without technology Innovation in Language Learning and Teaching 13 1-16
A Rosita and H T Hardini 2022 Pengembangan Website Pembelajaran Materi Aset Tetap Berwujud Dengan Memanfaatkan Google Sites Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 10 1-16
M A Rizqi and S 2021 Analisis praktek pembelajaran daring persamaan garis lurus Berbantuan Media Geogebra Melalui Google Sites AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 12 141-154
R Yektyastuti, M Solihah, Y D Prasetyo, T Mardiana, J Ikhsan and K H Sugiyarto 2015 Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Chemondro Pada Materi Kelarutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA in Seminar Nasional Pendidikan Sains V Surakarta
S Cassidy 2011 Self-regulated learning in higher education: identifying key component processes Studies in Higher Education 36 989-1000
M K Chung 2001 Development of Self-Regulated Learning Gifted and Talented International16 27-39
I D K Wardani and L Noviani 2022 The Effect of Self-Regulated Learning and Learning Motivation on Economics Learning Achievement International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 9 388-398
R Hidayat, Y Roza and A Mumi 2018 Peran Penerapan Model Problem Based Learning(PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) 1 213-218
M H Mukhlas 2018 Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Siswa Kelas IV Jurnal Mimbar Ilmu 23 200-207
K and E Setyaningsih 2021 Self-Regulated Learning of Mathematics for Teacher Prospectives in the Development of Student E-Worksheets JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 5 205-215
L Zheng, X Li and F Chen 2018 Effects of a mobile self-regulated learning approach on students’ learning achievements and self-regulated learning skills Innovations in Education and Teaching International 55 1-9
N E Perry, K O VandeKamp, L K Mercer and C J Nordby 2014 Investigating Teacher-Student Interactions That Foster Self-Regulated Learning Educational Psychologist pp. 5-15
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]