Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika : Literatur Review
Abstract
Kurikulum merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains Dasar (KPSD). Indikator keterampilan proses dasar meliputi yaitu mengamati, mengklasifikasi, mengukur dan menggunakan angka, menyimpulkan, memprediksi, dan berkomunikasi. Namun, pada penelitian yang sudah dilakukan keterampilan proses sains (KPS) belum dilatih secara optimal dalam kegiatan pembelajaran ataupun disisipkan dengan model dan penilaian. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan proses sains fisika SMA ditinjau dari model pembelajaran, media pembelajaran serta pengembangan instrument yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains fisika di SMA. Penelitian merupakan jenis tinjauan sistematis (Systematic Literature Review) berbasis protokol PRISMA (Preffered Reporing Item for Systematic Review and Meta-Analysis). Sumber jurnal diambil dari Google Scholar, Sinta Kemdikbud, dan Mendeley.com. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan proses sains bermanfaat dalam membantu siswa berpikir logis, mengajukan pertanyaan yang masuk akal, dan memecahkan masalah sehati-hari. Serta penerapan keterampilan proses sains juga dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
References
Kristiawan M 2019 Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran
Sumarni S 2017 Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 15 45–57
Faiz A and Kurniawaty I 2020 Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 12 155–64
Febria Permatasari Y L R 2023 Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Biologi Analysis of the Effectiveness of Project Based Learning Models on Procces Science Skills in Biology Learning 3 14–20
Suyanto S 2017 A reflection on the implementation of a new curriculum in Indonesia: A crucial problem on school readiness AIP Conf Proc 1868
Hamdi S, Triatna C and Nurdin N 2022 Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7 10–7
Pardomuan M J N 2013 Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif e-journal Universitas Negeri Medan 6 17–29
Nuzulia, Adlim dan C N 2017 Relevansi Kurikulum Dan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Mahasiswa Kimia, Fisika, Biologi Dan Matematika Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 5 120–6
Sholihah N A A, Sarwanto and Aminah N S 2020 Development of two-tier multiple choice instrument to measure science process skill J Phys Conf Ser 1521
Dahlia Yuliskurniawati I, Ika Noviyanti N, Rosyadah Mukti W, Mahanal S and Zubaidah S 2019 Science process skills based on genders of high school students J Phys Conf Ser 1241
Yetri Y, Koderi K, Amirudin A, Latifah S and Apriliana M D 2019 The Effectiveness of Physics Demonstration Kit: The Effect on the Science Process Skills Through Students’ Critical Thinking J Phys Conf Ser 1155
Rahayu R and Ismawati R 2022 Jurnal Pendidikan MIPA Jurnal Pendidikan MIPA 12 682–9
Pigott T D and Polanin J R 2020 Methodological guidance paper: High-quality meta-analysis in a systematic review Rev Educ Res 90 24–46
Fitriyani N I 2021 Metode PRISMA Untuk Memprediksi Penyakit Kanker Payudara JII : Jurnal Inovasi Informatika universitas Pradita 6 13–8
Pulungan M S, Nasution D and Rahmatsyah 2021 The effect of scientific inquiry learning model and scientific attitude on students’ science process skills J Phys Conf Ser
Lawi S and Putra S H J 2020 Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 1
Wulandari N and Vebrianto R 2017 Studi literatur pembelajaran kimia berbasis masalah ditinjau dari kemampuan menggunakan laboratorium virtual Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri pp 709–15
Wismaningati P, Nuswowati M, Sulistyaningsih T and Eisdiantoro S 2019 Analisis Keterampilan Proses Sains Materi Koloid Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bervisi SETS Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13 2287 – 2294
Aisyara N, Haryani S and Prihandono A 2020 Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar (Kpsd) Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Model PjBL Berbantuan LKPD Chemistry in Education 9 55–62
Rahim H C K 2020 Analisis minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma negeri 1 sakti Jurnal Sains Riset 9 68–79
Prasrihamni M, Zulela Z and Edwita E 2022 Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar Jurnal cakrawala pendas 8 128–34
Rahmawati R, Haryani S and Kasmui 2014 Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 8 1390–7
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]