Pengaruh E-LKS berbasis Model POE2WE terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus

Dina Hanifah Mansur, Endang Surahman, Yanti Sofi Makiyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya pada materi gerak lurus. Berdasarkan studi literatur salah satu solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan baik metode, media atau model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran dan kondisi perkembangan zaman yaitu dengan menerapkan E-LKS berbasis model POE2WE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKS berbasis model POE2WE terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas X MIPA SMAN 3 Tasikmalaya yang berjumlah delapan kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen tes hasil belajar kognitif yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Data diperoleh dari hasil posttest dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (𝛼 = 0,05) menunjukkan  yaitu 2,45 > 1,67 sehingga  ditolak. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh E-LKS berbasis model POE2WE terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus.

Full Text:

PDF

References


Murdani E 2020 Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains Jurnal Filsafat Indonesia 3 72–80

Gumay O P U 2021 Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Gerak Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 3 58–69

Putri R Z, Jumadi dan Ariswan 2020 Moodle as e-learning media in physics class In: Journal of Physics: Conference Series 1567 32075

Yanti Y dan Fauzi A 2021 Analysis of learning media based electronic for developing of physics e-book with earthquake theme In Journal of Physics: Conference Series 1876 012039

Dasari R 2018 Pengembangan LKS Elektronik Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Doctoral dissertation UIN Raden Intan Lampung

Awe E Y dan Ende M I 2019 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada Jurnal DIDIKA Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 5 48–61

Nana N 2020 Efektivitas Model POE2WE Dalam Penyampaian Materi Metode Ilmiah Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa In Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ vol 2 pp 233-241

Sidik H M dan Nurmahmuddin A 2020 Efektivitas Model POE2WE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika 16 191-199

Istiqomah N 2019 Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Doctoral dissertation Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Permatasari Y M Alifiani A dan Fathani A H Model 2021 Pembelajaran POE2WE Bebantuan E-Module Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar Kelas XI SMA Widyagama Malang Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran 16

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Bandung: Alfabeta

Clark J M dan Paivio A 1991 Dual Coding Theory and Education Educational psychology Review 3 149-210

Sweller J 1988 Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning Cognitive Science 12 257–285

Sukowati D 2017 Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Digital Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Bunyi Bachelor's thesis: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Wulandari R W dan Nofina M 2022 The Development of POE-based (Predict, Observe, and Explain) E-Student Worksheet for Eleventh-Grade Plant Histology Subject. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 13 21–3

Rosnaningsih A Ardelia E dan Anggestin T 2021 Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model ADDIE di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tangerang Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora 5 44-53

Diani R 2016 Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5 83–93

Nana 2018 Implementasi Model POE2WE Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Di SMA Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) p 15-28

Andriyani Y 2017 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang (Doctoral dissertation, IAIN Metro)

Mayer R E 2005 Cognitive theory of multimedia learning The Cambridge Handbook of Multimedia Learning 41 31–48

Anderiani I S, Djudin T dan Arsyid S B 2015 Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Dan LKS Berbasis Predict-Observe-Explain Di SMP Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 4

Amanah P D, Harjono A dan Gunada W 2017 Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffolding dan Advance Organizer 3 2407–6902

Rifzal I L, Akmam dan Nurhayati 2015 Pengaruh Penggunaan LKS berbasis POE dalam Pembelajaran IPA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VII SMPN 5 Padang Pillar Of Physics Education 6 33–40

Rizal R, Rusdiana D, Setiawan W dan Siahaan P 2020 Creative Thinking Skills of Prospective Physics Teacher In: Journal of Physics: Conference Series Vol 1521 p 022012

Mueller P A dan Oppenheimer D M 2018 The Pen Is Mightier Than the Keyboard Advantages of Longhand Over Laptop Note Taking Psychological Science 29 1565–1568

Sitinjak S R L 2021 Pembuatan E-LKS pada Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dengan Materi Ekosistem di SMA N 1 Doloksanggul (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia)

Razaaq D G A dan Supahar D 2018 Pengembangan Media Audio Visual Fisika Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Aspek Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta Jurnal Pendidikan Fisika 7 50-60

Ardiani F N Suharno S dan Musadad A A 2017 Pengembangan LKS Pintar Elektronik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Prosiding Seminar Pendidikan Nasional

Safriandono A N dan Charis M 2014 Rancang Bangun E-Lembar Kerja Siswa Sebagai Media Pembelajaran Yang Praktis, Fleksibel dan Edukatif Berbasis Web Tatal 10 25-35




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats