Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Optik
Abstract
Minimnya inovasi model pembelajaran yang diterapkan dalam mata pelajaran Fisika serta rendahnya self-efficacy dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang mempelajari materi optik menjadi inspirasi penelitian ini. Penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) adalah solusi yang peneliti temukan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana self-efficacy dan keterampilan berpikir kreatif dipengaruhi oleh model CPS. Metode Penelitian yang diterapkan yakni quasi experiment beserta desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Tasikmalaya tahun pelajaran 2022/2023 dan terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitisan diambil dari dua kelas dengan menggunakan tehnik cluster sampling. Untuk mengukur efikasi diri yaitu dengan menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sedangkan dalam menaksir keterampilan berpikir kreatif diberikan pretest (sebelum) dan posttest (sesudah) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi optik. Hipotesis yang diuji menggunakan uji MANOVA (multivariate analysis of variance) menyiratkan bahwasanya nilai sig < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian didapat nilai sig 0,000, maka dari itu penelitian bisa disimpulkan bahwa model CPS memiliki pengaruh signifikan terhadap self-efficacy dan keterampilan berpikir kreatif pada materi optik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Full Text:
PDFReferences
Ismail, A., Ismail D 2018 Aplikasi ‘konsep 4C’ pembelajaran abad ke-21 dalam kalangan guru pelatih pengajian agama institut pendidikan guru kampus dato’ razali ismail Asian People Journal (APJ) 1 45–65
Yolantia C, Artika* W, Nurmaliah C, Rahmatan H and Muhibbuddin M 2021 Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9 631–41
Diani R, Khotimah H, Khasanah U and Syarlisjiswan M R 2019 Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Instruction (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2 310–9
Hardiyanti K, Astalini A and Kurniawan D A 2018 Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi EduFisika 3 1–12
Putra Y P 2018 Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika peserta didik Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika 4 73–80
Devi S S, Munawaroh F, Hadi W P and Muharrami L K 2019 Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Metode Pictorial Natural Science Education Research 2 40–7
Roosyanti A 2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Jurnal Pena Sains 4 60
Umaroh S, Kristiani Y and Muchlis 2017 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kesetimbangan Kimia Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Surabaya UNESA Journal of Chemical Education 6 202–7
Hobri, Ummah I K, Yuliati N and Dafik 2020 The effect of jumping task based on creative problem solving on students’ problem solving ability International Journal of Instruction 13 387–406
Leonard, WIbawa B and Suriani 2019 Model Dan Metode Pembelajaran Di Kelas
VanGundy A B 1987 Creative Problem Solving A Guide For Trainers and Management (USA: Quorum Books Green Wood Press, Inc)
Istarani dan Ridwan 2015 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif (Medan: CV. Media Persada)
Panuntun Hsm S A A, Asikin M, Waluya B and Zaenuri Z 2021 Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13 11–22
Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)
Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata D D 2021 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Bagi Peserta didik Berkebutuhan Khusus Jambura Physics Journal 3 54–63
Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)
Arikunto 2012 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta)
Hake R R 1998 Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses American Journal of Physics 66 64–74
Tarumasely Y 2021 Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Jurnal Pendidikan Edutama 8 71
Hardiyanti K, Astalini A and Kurniawan D A 2018 Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi EduFisika 3 1–12
Hestika, S., Zulkifli, Z., & Nufus H 2021 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 4 29
Helen H & K A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik WaPFi: Wahana Pendidikan Fisika 7 67–74
Faturohman, I., & Afriansyah E A 2020 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik melalui Creative Problem Solving Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9 107–18
Anita., Anggo, M., & Arapu L 2015 Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii SMP Negeri 9 Kendari Dalam Pembelajaran Matematika Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3 27–40
Budiarti Y 2016 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro) PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 4 50–60
Fahra J ; L ; N 2020 Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Ar-Riyadhiyyat : Jurnal Pendidikan Matematika 1 28–35
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]