Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui profil kemampuan bernalar ilmiah siswa SMA Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, adapun desain penelitiannya menggunakan survei type cross sectional design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Jambi dengan jumlah keseluruhan adalah 12.107 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 778 siswa yang berasal dari 9 sekolah Teknik Pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan penalaran dari lawson’s classroom test of scientific reasoning (CTSR) tahun 2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97% sampel berprofil konkrit. Dengan kemampuan Conservation of matter and volume sebagai kemampuan yang paling banyak dimiliki oleh siswa dengan persentase sebesar 32% dan kemampuan yang paling rendah yaitu kemampuan Proportional reasoning dengan persentase sebesar 8%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum bisa menggunakan nalar mereka untuk hal-hal yang abstrak. Secara umum tidak ada kemampuan bernalar yang memiliki persentase di atas 50% ini menandakan bahwa kemampuan bernalar siswa SMA masih sangat rendah dan mendasar.
Kata Kunci : Profil, bernalar Ilmiah, SMA, Kota Jambi
Full Text:
PDFReferences
Nehru N dan Syarkowi A 2017 Analisis Desain Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Berdasarkan Profil Penalaran Ilmiah Wahana Pendidikan Fisika
OECD 2013 Draft Science Framework (Pairs: OECD)
Lawson A E 2004 View Int. J. of Science and Mathematic Education 2 pp 307-338
Schunk D H 2012 Teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan
Creswell J W 2015 Penelitian Kuantitatif & Desain Riset (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Joni T R 1984 Pengukuran dan Penilaian Pendidikan (Surabaya:Karya Anda)
Lawson A E, et-al J. of Reseach in Science Teaching 37 9 pp 996-1018
Han J 2013 Scientific reasoning: Research, development, and assessment (The Ohio State University)
Deming J and O'Donnell J 2011 Educator request for the Classroom Test of Scientific Reasoning
Ding L 2014 Phys. Rev. Special Topics-Physics Education Research 10 2 pp 1-5.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]