PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PAIKEM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 33 SEMARANG

Wigati Ningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan PAIKEM terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 33 Semarang.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 33 Semarang sebanyak 256 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik  Random Sampling. Sampel penelitian ini diambil 2 buah kelas, kelas VII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PAIKEM.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa minat belajar fisika dengan menggunakan model  Contextual Teaching and Learning(CTL) memiliki rata-rata analisis angket sebesar 53,34375, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM memiliki rata-rata sebesar 50,125. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,043676  > ttabel = 1,67  sehingga model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih berpengaruh terhadap minat belajar siswa daripada model pembelajaran PAIKEM.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mikrajuddin. 2004. IPA Fisika SMP dan MTs Jilid untuk kelas VII. Jakarta : Erlangga

Arifin, Zaenal.2011.Evaluasi Pendidikan Pembelajaran. Bandung: Rosda

Aqib, Zaenal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung : Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, Dr dan Drs. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Djaali, Prof.Dr.H. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Giancoli. 2001. Fisika Jilid I edisi kelima. Jakarta : Erlangga

Hamruni. 2009. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta : DIVA Press

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta : DIVA Press

Roni Faslah S.Pd,MM. Pembelajaran Berbasis Paikem. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2011

Sari, Nang Satiti Dwi Ratna. 2009. Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Model Anomali Bab Fluida Statis Kelas XI IPA SMA Piri 1 Yogyakarta.(2009) 83-85

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soegeng, A.Y. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sugiarto, Teguh dan Eni Ismawati. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus.2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Sudjana. 2006. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Tipler, Paul A. 1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto. 2008. BSE Untuk IPA SMP dan MTS Kelas VIII. Departemen Pendidikan Nasional dari Penerbit Sekawan Cipta Karya




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i1.2355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats