PENGARUH MEDIA POSTER VOKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SEMARANG

Fitrian Nailin Ni’mah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh media poster vokasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Semarang pada materi usaha dan energi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2015. Penelitian berjenis Quasi eksperimental ini menggunakan desain Pretest posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas X TKR 3 sebagai  kelas eksperimen dan X TKR 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 32 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa sedangkan angket untuk memperoleh data tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Analisa data untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yaitu menggunakan uji N-gain, uji ttest, dan kategori hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang ditunjukkan uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,49 dibandingkan kelas kontrol 0,42, namun kategori N-gain termasuk kedalam kategori yang sama yaitu sedang, hasil ttest hasil belajar siswa menunjukan terdapat perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 86,68, kategori hasil belajar sangat baik dan nilai rata-rata kelas kontrol 81,59 dengan kategori baik. Kesimpulannya adalah pembelajaran dengan menggunakan media poster vokasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Semarang materi usaha dan energi. 

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2007. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : GavaMedia

Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hake, R.R. 2007.“ Design-Based Research in Physics Education research: A Review, “in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, science, and Technology Education. Erlbaum; online at http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-Physics3.pdf.

Kustandi.Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Munadi, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo : Bandung.

Narwoto. 2013. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa Smk. Skripsi. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3 Nomor 2 Juni 2013. . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Niska.Bakhiti.2013.Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.Vol 1 No. 2 Tahun 2013. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Sanjaya, W.2012.Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantutatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v6i1.2360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats