PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa yang lebih efektif, yaitu lembar kerja siswa berbasis karakter pada pembelajaran IPA SMP. Dimana lembar kerja siswa ini membantu siswa untuk dapat membangun pengetahuan mereka sendiri serta membantu membentuk karakter yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Adapun tahap-tahap yang dilalui meliputi: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, validasi ahli, dan uji coba pemakaian produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Somagede. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang ahli perangkat pembelajaran (LKS), satu orang ahli materi pembelajaran (IPA SMP), dan siswa kelas VII E SMP N 1 Somagede yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket tertutup. Angket ini berbentuk checklist dengan beberapa aspek penilaian dan kuosioner. Pada tahap validasi ahli, hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis konstruktivisme yang dikembangkan dalam kategori baik untuk penilaian ahli perangkat pembelajaran dan dalam kategori sangat baik untuk penilaian ahli materi pembelajaran. Sedangkan pada tahap uji coba pemakaian produk, penilaian siswa dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran lembar kerja siswa berbasis karakter layak digunakan pada pembelajaran IPA SMP.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v6i1.2575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]