Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire

Sri Latifah, Yuberti Yuberti, Vina Agestiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire.   Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models) yang tediri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire  mendapat kriteria sangat baik oleh dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 99%, penilaian ahli media sebesar 94%, respon pendidik sebesar 86% dan respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil sebesar 84% serta uji kelompok besar sebesar 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi lectora inspire dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


C Anwar, A Saregar and U Hasanah 2018 Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb. 3 1 pp 77–87

D R U Sari, S Wahyuni and R W Bachtiar 2018 J. Pembelajaran Fis.7 1 pp 100–107

R Hikmawan, N W A Majid and M Kasmad 2018 Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP Univ. Muhammadiyah Cirebon 2018 Cirebon, 21 April 2018 pp 255–262

Karsono 2017 J. Pendidik. Mat. dan Sains 5 1 pp 50–57

Irwandani and S Juariah 2016 J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-BiRuNi 5 1pp 33–42

K Mushlihah, Yetri and Yuberti 2018 Indones. J. Sci. Math. Educ. 1 3 pp 207–215

S. Mahayani, Irwandani, Yuberti, and Widayanti 2018 J. Pendidik. Mat. dan IPA 9 2 pp 98–108

S Rezeki and Ishafit 2017 J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis. 3 pp 29–34

E Fitriani and H R A Mulyani 2015 J. Pendidik. Fis. 3 1 pp 84–92

N D Shalikhah, A Primadewi and M S Iman 2017 warta 20 1 pp 9–16

I Ayu, Siswoyo and W Indrasari 2016 J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis. 2 2 pp 71–78

Yuberti “Penelitian dan Pengembangan" yang Belum Diminati dan Perspektifnya,” artikel pp 1–15.

R Diani 2015 J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-BiRuNi 4 2 pp 241–253

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta) pp 137

Riduwan 2011 Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Bandung: Alfabeta) pp 15




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats