Analisis Interaksi Penerapan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik dengan Menggunakan Panel Surya Berbasis Project dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Kreatif Mahasiswa
Sulistyaning Kartikawati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi/pengaruh penerapan media pembelajaran trainer IPL dengan menggunakan panel surya berbasis project dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Kreatif Mahasiswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yang diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Kelas penelitian diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran trainer IPL dengan menggunakan panel surya berbasis project. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran trainer dengan menggunakan panel surya berbasis project, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan kemampuan kreatif mahasiswa. Teknik analisis data ada 2 macam yaitu teknik analisa data tentang hasil belajar dan teknik analisa data tentang kemampuan kreatif mahasiswa. Analisis uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji-T dengan taraf signifikan 5 %. Kriteria Uji-T adalah sebagai berikut, Ho diterima/H1 ditolak jika T hitung lebih kecil dari T tabel dan Ho ditolak/H1 diterima jika T hitung lebih besar dari T tabel. Dari hasil uji T untuk variabel terikat pertama hasil belajar diperoleh T hitung = 21,189 dan T tabel = 1,795, karena T hitung lebih besar dari T tabel maka Ho1 ditolak, artinya terdapat interaksi/pengaruh penerapan media pembelajaran trainer IPL dengan menggunakan panel surya berbasis project dalam meningkatkan hasil belajar. Sedangkan hasil uji T untuk variabel terikat kemampuan kreatif diperoleh T hitung = 18,33 dengan T tabel = 1,795, karena T hitung lebih besar dari T tabel maka Ho2 ditolak, artinya terdapat interaksi/pengaruh penerapan media pembelajaran trainer IPL dengan menggunakan panel surya berbasis project dalam meningkatkan kemampuan kreatif mahasiswa.