Analisis Rangkaian Jembatan Wheatstone Berbasis Simulasi PhET Pada Pembelajaran Fisika di SMA

M. Yasin Kholifudin

Abstract


Telah dilakukan penelitian rangkaian jembatan wheatstone berbasis simulasi PhET. Tujuan penelitian adalah menganalisis besar hambatan R1, R2, R3, dan R4 yang menyebabkan besar arus listrik yang melewati hambatan R5 nol dan tidak nol, Pengambilan data menggunakan aplikasi simulasi PhET circuit-construction-kit-ac-virtual-lab_en, oleh 11 kelompok praktikum: 32 peserta didik kelas XII IPA1 SMA Negeri 2 Kebumen semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, diperoleh simpulan; besar arus listrik yang melalui hambatan R5 menghasilkan nol, diperoleh dari analisis hasil perkalian silang antara R1 dengan R3 sama dengan hasil perkalian silang antara R2 dengan R4, rangkaian  tersebut dalam keadaan seimbang dan besar arus listrik yang melalui R5 menghasilkan tidak nol, diperoleh dari hasil analisis perkalian silang hambatan R1 dengan R3 tidak sama dengan hasil perkalian silang antara R2 dengan R4, rangkaian tersebut dalam keadaan tidak seimbang.

.

Kata kunci: jembatan wheatstone, simulasi PhET


Full Text:

PDF

References


______Permendibud No.22 Tahun 2016tentang Standar Proses Dasar Menengah

______Kurikulum 2013, silabus Fisika SMA

______https://phet.colorado.edu/in/simulations/category/physics

Astalini, Darmaji,Cicyn R and Nova S 2019 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika (JRKPF UAD) 6 2 p 71-75

Douglas C. Giancoli 2001 Fisika Edisi Kelima Jilid 1 (Jakarta; Eralngga)

Ferawati A H and Jainal A 2019 Jurnal Pendidikan Fisika Unimed 8 2 p 102-108

Sears and Zemansky 2001Fisika Universitas Edisi kesepuluh Jilid 2 (Jakarta; Erlangga)

Wina Sanjaya 2009 Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama cetakan ke-6 (Jakarta; Kencana Prenada Media Group)

Trieana S. Tuhusula, Burana Pattana, Efania Randai, Dionizius R. Wateriri, Auldry F. Walukow, 2020 Jurnal Pendidikan Fisika Unimed 9 2 p 128-135

Nur K 2021 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 12 1 p 72-77




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats