Pengaruh Kecemasan Matematika (mathematics Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Nerru Pranuta Murnaka

Abstract


Abstrak

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor sikap siswa. Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal). Salah satu sikap siswa dalam pembelajaran matematika adalah siswa yang merasa cemas terhadap matematika itu sendiri. Kecemasan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika disebut dengan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Sikap cemas ini merupkan respon negatif yang membuat seseorang menghindari pembelajaran matematika serta ketidakmampuan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menyelidiki seberapa besar pengaruh kecemasan matematika  terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Untuk menyelidiki seberapa tinggi tingkat keeratan hubungan linier antara kecemasan matematika  dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional karena bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel terhadap variabel lain.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Siswa, dengan subyek penelitiannya siswa kelas VII yang berjumlah 188 siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.0204 = 2,04%. Hal ini menunjukkan bahwa  hanya sebesar 2.04% kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Sedangkan 2) Nilai koefisien korelasi antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika adalah r =  – 0,1428. Dengan demikian, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika, namun keeratan hubungan antara keduanya berada pada kategori sangat lemah

Kata kunci: kecemasan matematika (mathematics anxiety), hasil belajar matematika, korelasional


Full Text:

PDF

References


Ekawati,Aminah. 2015. Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika “Math Didactic”. Banjarmasin. STKIP PGRI Banjarmasin

Anita, I. Wahyu. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi.

Ashcraft, M. H. 2002. Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive

Consequenses. Blackwell Publishing Inc.

Depdikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Berita Negara Republik Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran: Standar Keterampilan dan Keterampilan Dasar Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ekawati, A. 2015. Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. STKIP PGRI Banjarmasin.

Mahmood, T & Khatoon, S. 2011. Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British

Journal of Arts and Social Science.

Maulana, A. Sulton. 2013. Penerapan Strategi REACT Untuk Meningkatkan

Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sistyaningtyas, F. 2013. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi

Belajar Matematika Siswi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kayen Pati. Skripsi.

Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suherman, E. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.

Sumiati, E. 2015. Model Pemberdayaan Masyarakat dalam Mempertahankan

Kearifan Lokal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, H. Purnomo. 2016. Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pacitan: STKIP PGRI.

Weiss, N. A. 2012. Elementary Statistics. United States of America: Pearson

Education.

Zakaria, E., Nordin, N. Mohd. 2008. The Effects of Mathematics Anxiety on

Matriculation Student as Related to Motivation and Achievement. Eurasia

Journal of Mathematics, Science, & Technology Education




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i1.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats