PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SDN KALIALANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Buzz Group berbantu media audio visual terhadap keaktifan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Kalialang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Kalilang tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 12 siswa kelas 1 yang menggunakan teknik sampling jenuh. Â Data dalam penelitian ini diperoleh melalui melalui wawancara, angket, test dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengisian angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata skor keaktifan akhir lebih tinggi dibandingkan dengan skor keaktifan awal (87,75>37,5). Hasil analisis uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 21,2894 dan ttabel sebesar 2,242 dan taraf signifikan 0,05, karena thitung > ttabel yaitu 21,2894>2,242 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh metode Buzz Group berbantu media audio visual terhadap keaktifan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Kalialang.
Full Text:
PDFReferences
Teguh Triwiyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. diakses pada 1 Maret 2022
Octavia, Shilphy. A. (2020). Model-Model Pembelajaran.
Surtikanti dan Santoso. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Utami, L. S., Sabaryati, J., & Setiawan, D. (2018). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Groupyang Dirangkaikan Dengan Penggunaan Media Poster Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Mataram Tahun Akademik 2013/2014. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 5(1), 38-44.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (sebuah Pendekatan Baru).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kombinasi.Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i1.15131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas MendidikÂ
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.  Â
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]