KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NWRINGINJAJAR 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model project-based learning dalam muatan pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperiment Design dengan desain Nonequivalet Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03 tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV A dan IV B dengan menggunakan Teknik Non-Probability Sampling berbentuk sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan dalam keefektifan model project-based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dapat dilihat pada perbedaan nilai posttest di kelas eksperimen. Diperoleh rata-rata nilai pretest 61,96 dan posttest 90,63. Selain itu, dapat dilihat juga pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen. Diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 89,52 dan kelas eksperimen 90,63. Selain meningkatkan nilai kognitif, model ini juga meningkatkan nilai afektif siswa. Dibuktikan pada perbedaan rata-rata nilai sikap kelas kontrol 62,73 dan eksperimen 81,71. Psikomotor siswa dengan menggunakan model ini pada kelas eksperimen juga menghasilkan nilai rata-rata yang baik yatu 90,51. Psikomotor belum dapat dinilai pada kelas kontrol karena pembelajaran tidak memenuhi penilaian psikomotor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadhilah, Lita. 2014. Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.
Land, Susan. 2000. “Project-Based Learning with the World Wide Web: A Qualitative Study of Resource Integrationâ€. Education Tecnology Research & Development (ETR&D). 48(1) :45-68
Rizwan, Muhammad. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 018 Tarakan. Universitas Borneo Tarakan.
Ramadianti, Astria Ayu. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasarâ€. Jurnal Primatika. Vol. 10, No. 2, Desember 2021
Sugrah, N. U. 2020. Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138. https://doi.org/10.21831/hum.vl9i2.29274
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dina Nur Aliyah, A. Y. Soegeng Ysh., Veryliana Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas MendidikÂ
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.  Â
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]