EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI SENI DEKORATIF TAPLAK MEJA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN SENI BUDAYA KELAS 4 SD AL ISLAM PENGKOL JEPARA

Aredita Putri Fajarini, Riris Setyo Sundari, Prasena Arisyanto

Abstract


Dalam penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran project based learning (PjBL) materi seni dekoratif taplak meja terhadap hasil belajar muatan seni budaya kelas 4 SD Al islam pengkol Jepara. Penggunaan model pembelajaran project based learning adalah kebutuhan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran seni budaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Pendekatan dalam penelitian ini Pretest-Postest, siswa diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung melalui pengalaman, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat mereka terhadap materi seni dekoratif, khususnya taplak meja. Selama proses pembelajaran, siswa berada dalam kelompok kecil untuk bekerja sama dalam menyelesaikan proyek taplak meja. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan seni, tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaboratif dan komunikasi antar anggota kelompok. Hasilnya, siswa lebih terlibat dan bersemangat dalam proses belajar, yang tercermin dalam produk akhir yang dihasilkan. Analisis data menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok PjBL memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dalam tes hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi seni budaya. Sebagian besar siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri terhadap kemampuan seni mereka dan lebih antusias untuk belajar di masa depan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dalam materi seni dekoratif taplak meja di kelas 4 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, pemahaman konsep, dan motivasi.


Keywords


Project Based Learning, Seni Dekoratif, Seni Budaya

References


Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Alfarizi, M. A., Azizah, H. R. N., Putri, S. A., Linawati, A., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis Tindak Tutur Representatif pada Daftar Putar “Mku Bahasa Indonesia†dalam Kanal Rahmat Petuguran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 40–53. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/14639/pdf

Ali, S., & Khaeruddin. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Almuzhir, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 425. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.425-436.2022

Andryannisa, M. A., Wahyudi, A. P., & Sayekti, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlah di SD Islam Riyadhul Jannah Depok. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 88–100.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Darwis, M., Asdar, & Kurniati. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan ICARE dalam Pembelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education, 2(2), 119–128. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-82.pdf.

Dewi, R., Sariyasa, & Putrayasa, I. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 93–101. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4298

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Fitriani. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal PeKa, 4(2), 137–142. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecoenv.2017.03.002%0Ahttp://www.forda-mof.org/files/Sistem_Agroforestri_di_Kawasan_Karst_Kabupaten_Gunungkudul_Untuk_Pengelolaan_Telaga_Sebagai_Sumber_Air_Berkelanjutan.pdf%0Ahttps://extension.msstate.edu/sites/default/files/pu

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

Kalifah, F., Arief Budiman, M., & Suyitno. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Mi Nurul Amanah Kabupaten Grobogan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1702–1708. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.476

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Muhammad Darwin, D. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue Juni).

Nasrum, A. (2020). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. In Jayapangus Press.

Noresy, M., Murtiyoso, O., & Mujiyono. (2016). Ilustrasi Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut dalam Karya Lukis Dekoratif pada Media Kulit Kayu. Arty: Jurnal Seni Rupa, 5(1), 23–40. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty/article/download/35106/14505

Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235

Panji Yudha, R. (2018). Implementasi Pembelajaran Think Pair Share Dengan Asesmen Unjuk Kerja Berbantuan Alat Peraga Materi Geometri Di Smp Negeri 1 Babakan. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.85

Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244

Putri, H. M., Hasnawati, H., & Yuliantini, N. (2020). Pembuatan Karya Seni Menggambar Dekoratif pada Caping dalam Mata Pelajaran SBK Siswa SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 218–228. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.218-228




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20831

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20831.g10597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.