Pengaruh Suhu dan Lama Penyimpanan terhadap Kualitas Kentang Olahan (Solanum tuberosum L.) Kultivar Atlantik

Resti Nurjanah

Abstract


Kentang memiliki peluang untuk dijadikan alternatif diversifikasi pangan karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selama penyimpanan kentang masih mengalami proses metabolisme sehingga terjadi penurunan kualitas kentang. Pengaturan suhu dilakukan untuk meminimalkan kerusakan selama penyimpanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui suhu dan lama penyimpanan yang dapat mempertahankan kualiatas kentang olahan Kultivar Atlantik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pasca Panen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dari bulan Maret 2017 hingga Mei 2017. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor utama adalah suhu penyimpanan yang terdiri dari suhu kamar (26ºC), 14ºC, dan 7ºC. Faktor kedua adalah lama penyimpanan yang terdiri dari 0 minggu, 2 minggu, 4 minggu, 6 minggu dan 8 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara suhu dan lama penyimpanan secara statistik tidak terjadi interaksi. Perlakuan suhu penyimpanan menunjukkan hasil yang berbeda nyata terhadap massa jenis dan TPT. Sedangkan lama penyimpanan memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap susut bobot, kadar air, massa jenis, dan TPT. Perlakuan yang dapat mempertahankan kualitas ubi kentang adalah penyimpanan dengan suhu kamar dengan lama penyimpanan 4 minggu.

Full Text:

PDF

References


Asgar, A. dan S. T. Rahayu. 2014. Pengaruh Suhu Penyimpanan dan Waktu Pengkondisian untuk Mempertahankan Kualitas Kentang Kultivar Margahayu. Jurnal Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Bandung.

Asgar, A., A. Kartasih, A. Supriadi dan H. Trisdyani. 2010. Pengaruh Lama Penyimpanan, Suhu dan Lama Pengeringan Kentang terhadap Kualitas Keripik Kentang Putih. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Lembang.

Asgar, A., S. T. Rahayu, M. Kusmana, dan E. Sofiari. 2011. Uji Kualitas Umbi Beberapa Klon Kentang untuk Keripik. Jurnal Horti Vol.21(1): 51-59

Asgar, Ali. 2013. Kualitas Umbi Beberapa Klon Kentang (Solanum tuberosum L.) Dataran Mediium untuk Keripik. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Jurnal. 12(1) : 29-37

KEMENTAN, 2015. Strandar Operasional Prosedur (SOP) Kentang Sortasi dan Grading (Pengkelasan). Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian. Online : http://cybex.pertanian.go.id/materipenyuluhan/detail/ 10129/standar-operasional-prosedur-sop-kentang-sortasi-dan-grading-pengkelasan (Diakses pada tanggal 15 Januari 2017).

Kurniawan, H. dan t. Suganda. 2014. Uji Kualitas Ubi Beberapa Klon Kentang Hasil Persilangan untuk Bahan Baku Keripik. Jurnal Agro Vol. 1 (1) : 33-43

Kusdibyo dan A. A. Asandhi. 2004. Waktu Panen dan Penyimpanan Pasca Panen untuk Mempertahankan Mutu Umbi Kentang Olahan. Balai Penelitaian Tanaman Sayuran. Jurnal Ilmu Pertanian Vol.11(1) : 51-62.

Meikapasa, N. W. P. and I. G. N. O. Seventilofa. 2016. Karakteristik total padatan terlarut (TPT), stabilitas likopen pada berbagai kombinasi suhu dan waktu pemasakan. Jurnal. Ganec Swara Vol.10 (1) : 81-86.

Nasrulloh, 2009. Hidrolosis Asam dan Enzimatis Pati Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.) Menjadi Glukosa sebagai Substrat Fermentasi Etanol. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Onggo, T. M. 2009. Perubahan Komposisi Pati dan Gula Dua Jenis Ubi Jalar ‘Cilembu” Selama Penyimpanan. Jurnal.. Universitas Padjadjaran

Rusmin, D., M. R. Suhartanto, S. Ilyas. 2015. Pengaruh Umur Panen Rimpang terhadap Perubahan Fisiologi dan Viabilitas Benih Jahe Putih Besar selama Penyimpanan. Badan Penelitian Tanaman rempah dan Obat. Jurnal Littri. Vol.21 (1) : 17-24.

Utama, I. M. S. dan N. S. Antara. 2013. Pasca Panen tanaman Tropika: Buah dan Sayur. Modul Kuliah. Universitas Udayana.

Van Es A and KJ Hartmans. 1987. Structure and chemical composition of the potato. In: A Rastovski and A Van Es (Ed.). Storage of Potato. 7. Pudoc. Wageningen.

Voss, R. E. 2001. Proper Environment for Potato Storage. Vegetable Research and Information Center. The University of California.

Voss, R. E. 2001. Proper Environment for Potato Storage. Vegetable Research and Information Center. The University of California.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jiphp.v1i2.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Sekretariat Redaksi :

Program Studi Teknologi Pangan Fakutas Teknik dan Informatika Universitas PGRI Semarang

Gedung Pusat Kampus UPGRIS Jalan Sidodadi Timur no. 24 Dr. Cipto Semarang 50125

 

Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian indexed by :