PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN TEKNIK TOK (TIRU-OLAH-KEMBANGKAN) PADA SISWA KELAS XII IPS-2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rumisih Rumisih

Abstract


Keterampilan menulis cerpen sangatlah penting karena cerpen sebagai karya sastra dapat berfungsi sebagai salah satu media untuk pembinaan mental generasi muda. Kemampuan rata-rata peserta didik dalam menulis cerpen tergolong kurang, harus diatasi dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang dilakukan adalah perlunya teknik pembelajaran PAIKEM (pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan), contohnya adalah pembelajaran dengan teknik pemodelan. Teknik pembelajaran ini dapat memotivasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya karena peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif mencari karya sastra yang bagus untuk dijadikan model atau contoh penciptaan dan penulisan cerpen. Penelitian ini bertujuan memaparkan karakteristik teknik TOK dalam menulis cerpen dan memaparkan cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen menggunakan teknik TOK. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap, meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data terdiri atas guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XII IPS-2. Data dikumpulkan melalui teknik angket, tes, nontes, jurnal, dan pengamatan serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peserta didik membutuhkan kemahiran guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya ketarampilan menulis cerpen untuk menciptakan pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Produk yang dihasilkan pada makalah teknik pemodelan dengan strategi TOK menulis cerpen berupa silabus, RPP, dan kriteria penilaian. Wujud produk penelitian dan pengembangan teknik pemodelan dengan teknik TOK ini adalah teknik pemodelan yang pada pembelajaran menulis cerpen panduan pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik pemodelan.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah. 1986. Mengarang Cerita Itu

Gampang. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur

Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati. 2004. Pendidikan Karakter Berbasis

Sastra: Solusi Pendidikan Moral

yang Efektif. Jogjakarta: Ar Rzz

Media.

Jabrohim, Chairul Anwar, Suminto A. Sayuti.

Cara Menulis Kreatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran

Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: Refika Aditama

Marahimin, Ismail. 2010. Menulis Secara

Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press.

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan

Pengalaman dalam Cerpen.

Semarang: Yayasan Adhigama.

Rohmadi, Muhammad, dan Slamet

Subiyantoro. 2011. Bunga Rampai:

Model-model Pembelajaran Bahasa,

Sastra, dan Seni. Surakarta: Yuma

Pustaka.

Roekhan. 1991. Research & Development.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan

Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama

Media.

Subyantoro. 2008. Teori Pembelajaran

Bahasa: Sebuah Pengantar.

Semarang: Unnes Press.

Suharianto, S. 1982. Dasar-dasar Teori

Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumardjo, Jakob dan saini K.M. 1986.

Apresiasi Kesusastraan. Jakarta:

Gramedia.

Suyono, Ali. 2011. Apresiasi Karya Sastra

dan Pujangga Indonesia. Bandung:

CV M2S Bandung.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra:

Pengantar Teori Sastra. Jakarta

Pusat: Dunia Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i1.10650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang