Unsur Intrinsik Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia sebagai Alternatif Bahan Ajar Analisis Novel di SMA

Virda Eka Pratiwi, Sri Suciati, Pipit Mugi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi unsur intrinsik novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia dan relevansinya sebagai alternatif bahan ajar analisis novel di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat dari novel. Data dikumpulkan dengan teknik baca dan catat, dianalisis dengan teknik deskripsi analisis, dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah novel bertema perjuangan untuk mendapat kebenaran; ada 2 tokoh utama dan 24 tokoh tambahan; karakter tokoh, yaitu berani, tanggung jawab, dll.; novel mengambil tempat di Kota Tegal dan Jakarta, terjadi setelah tahun 2000-an dengan latar suasana menyedihkan, menegangkan, dan mengerikan; menggunakan alur campuran; sudut pandang persona ketiga, dia mahatahu; mengandung dua pesan moral; serta gaya bahasanya beragam, yang paling dominan ialah hiperbola dan personifikasi. Novel tersebut dinilai relevan sebagai alternatif bahan ajar karena analisis unsur intrinsik sesuai dengan tuntutan KD 3.9 pada pembelajaran analisis novel dan sesuai dengan kriteria sebagai bahan ajar sastra, yaitu aspek bahasa, psikologi, serta latar belakang budaya.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Juwariyah dan Sumartini. 2019. “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di

Rumahku Karya Oka Aurora sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di

SMA”. Jurnal Sastra Indonesia. Volume 8 Nomor 2, halaman 111-118. Diunduh dari

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/3371.

Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika,

hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mamluah, Khidmatul. 2017. “Nilai Pendidikan dalam Novel Bertokoh Dahlan Iskandar dan

Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Novel”. Jurnal Dialektika. Volume 4

Nomor 1, halaman 114-145. Diunduh dari

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/7003.

Nadia, Asma. Bidadari Berbisik. Jakarta: Republika Penerbit.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Rahmatulah, Dimas. 2020. “Nilai Sosial dalam Novel Yorick Karya Kirana Kejora: Tinjauan

Sosiologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar”. Skripsi. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh dari http://eprints.ums.ac.id/84685/.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra: dari

Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sufa, Reza Fahluzi. 2018. “Pesan Moral dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi dan

Kemungkinan sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di SMA/MA dengan

Menggunakan Pendekatan Struktural”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri

Semarang. Diunduh dari http://lib.unnes.ac.id/32438/.

Suneary, Hartati Sri. 2020. “Kelayakan Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata

sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra untuk SMA”. Skripsi. Semarang: Universitas

Negeri Semarang. Diunduh dari http://lib.unnes.ac.id/40129/.

Umaya, Nazla Maharani dan Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang:

UPGRIS Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang