Nilai Moral Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari sebagai Alternatif Bahan Ajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari, dan mendeskripsikan penerapan kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat tiga jenis nilai moral dalam kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari; (2) kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat diketahui bahwa nilai moral kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas XI SMA.
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Jabrohim, Chairul Anwar, dan Suminto A. Sayuti.2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Rahmanto, B. 2005. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Tohari, Ahmad. 2019. Mata yang Enak Dipandang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang