Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra untuk SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu simak, catat, dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh dari menemukan, menganalisis, dan menyimpulkan nilai pendidikan karakter sesuai dengan teori yang ada. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil analisis data ditemukan terdapat 70 data. Berdasarkan hasil data tersebut, maka novel Guru Aini karya Andrea Hirata dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra untuk SMA. Khususnya agar peserta didik dapat menerapkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.
Full Text:
PDFReferences
Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra: Teori
dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.
Buan, Yohana Afliani Ludo. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas
Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di
Era Milenial. Indramayu Jawa Barat: Penerbit Adab.
Harjito. 2006. Melek Sastra. Semarang: Kontak Media.
Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nurhuda, Teguh Alif, Herman J. Waluyo, dan Suyitno. 2018. “Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter pada Novel Simple Miracles Karya Ayu
Utami.” Literasi. Volume 8, Nomor 1, Januari 2018, halaman
—18.
Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam
Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter
(Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: CV
Pustaka Setia.
Suprapti. 2018. “Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Novel Negeri
Menara Karya Ahmad Fuadi Serta Implementasinya sebagai Bahan
Ajar Sastra di SMP (Kajian Intertekstual)”. Stilistika. Volume 4,
Nomor 2, 2018, halaman 117—124.
Wardani, Yoan Fucshy dan Sri Suhita. 2018. “Nilai Pendidikan Karakter
dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi
Karakter.” AKSIS. Volume 2, Nomor 2, Desember 2018, halaman
—274.
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS
UNP Press Padang.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang