Nilai Pendidikan Karakter dalam 20 Fabel Motivasi Pembentuk Karakter Karya Muyassaroh sebagai Bahan Ajar SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter yang ada dalam 20 fabel motivasi karya Muyyasaroh untuk digunakan sebagai bahan ajar SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti sebagai human instrument peneliti menggunakan pengetahuan dan pemahamannya dalam menganalisis dan menarasikan data. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai pendidikan karakter, dikategorikan menjadi empat kategori. Keempat kategori tersebut meliputi nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan makhluk dengan Tuhan, meliputi sikap religius. Kemudian, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi sikap disiplin, demokratis, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, dan mandiri. Berikutnya adalah hubungan manusia dengan masyarakat, meliputi sikap jujur, peduli sosial, toleransi, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, dan cinta damai. Terakhir, yaitu hubungan manusia dengan lingkungannya, meliputi sikap peduli lingkungan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Astuti,Tri Marhaerni Pudji, “Nilai-nilai Sosial Pendidikan Karakter dalam
Kurikulum 2013, Fakultas Ilmu Sosial Unnes, 2014.
Damayanti, Novita, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta
Bintang Karya Akmal Nasery Basral dan Implementasinya dalam
Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Gabus”. Universitas Muhammadiyah
Surakarta. eprints.ums.ac.id. Diakses pada 18 juli 2020.
Ernawati. 2017. "Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Anak Sd Melalui
Dongeng (Fabel) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia", TERAMPIL
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No.1. Juni 2017
pISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915.
Mardiyah. 2017. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Pengembangan Materi
Ajar Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sekolah Dasar”. Pendidikan dan
Pembelajaran Dasar. Volume 2, Nomor 4.
Muyassaroh. 2020. 20 Fabel Motivasi Pembentuk Karakter. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Ridwan, Ujang. 2019. “Kajian Sosiologi Sastra Berorientasi Pendidikan Karakter
pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya
sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra Di SMP”.
Wistara. Vol. II, No.01.
Suprihatini. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel yang Bermuatan Kisah
Teladan Upaya Menumbuhkan Karakter dengan Pendekatan Saintifik
bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTS”. Skripsi Unnes.Diakases
pada 29 Oktober 2020.
Tantri, Ade Asih Susiari. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel
Tantri (Perempuan yang Bercerita) Karya Cok Sawitri sebagai
Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar”. ELIC Unnisula.
Diakases pada 29 Oktober 2020.
Warieta dkk. 2015. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tadarus Cinta
Pujangga Karya Akmal Nasery Basral dan Implikasinya terhadap
Pembelajaran Sastra di SMA”. Kata.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang