Nilai Pendidikan Karakter dalam 20 Fabel Motivasi Pembentuk Karakter Karya Muyassaroh sebagai Bahan Ajar SMP

Mohammad Donny Andreyanto, Harjito Harjito, Muhajir Muhajir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter yang ada dalam 20 fabel motivasi karya Muyyasaroh untuk digunakan sebagai bahan ajar SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti sebagai human instrument peneliti menggunakan pengetahuan dan pemahamannya dalam menganalisis dan menarasikan data. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai pendidikan karakter, dikategorikan menjadi empat kategori. Keempat kategori tersebut meliputi nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan makhluk dengan Tuhan, meliputi sikap religius. Kemudian, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi sikap disiplin, demokratis, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, dan mandiri. Berikutnya adalah hubungan manusia dengan masyarakat, meliputi sikap jujur, peduli sosial, toleransi, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, dan cinta damai. Terakhir, yaitu hubungan manusia dengan lingkungannya, meliputi sikap peduli lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Astuti,Tri Marhaerni Pudji, “Nilai-nilai Sosial Pendidikan Karakter dalam

Kurikulum 2013, Fakultas Ilmu Sosial Unnes, 2014.

Damayanti, Novita, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta

Bintang Karya Akmal Nasery Basral dan Implementasinya dalam

Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Gabus”. Universitas Muhammadiyah

Surakarta. eprints.ums.ac.id. Diakses pada 18 juli 2020.

Ernawati. 2017. "Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Anak Sd Melalui

Dongeng (Fabel) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia", TERAMPIL

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No.1. Juni 2017

pISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915.

Mardiyah. 2017. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Pengembangan Materi

Ajar Bahasa Indonesia Di Kelas IV Sekolah Dasar”. Pendidikan dan

Pembelajaran Dasar. Volume 2, Nomor 4.

Muyassaroh. 2020. 20 Fabel Motivasi Pembentuk Karakter. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Ridwan, Ujang. 2019. “Kajian Sosiologi Sastra Berorientasi Pendidikan Karakter

pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya

sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra Di SMP”.

Wistara. Vol. II, No.01.

Suprihatini. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel yang Bermuatan Kisah

Teladan Upaya Menumbuhkan Karakter dengan Pendekatan Saintifik

bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTS”. Skripsi Unnes.Diakases

pada 29 Oktober 2020.

Tantri, Ade Asih Susiari. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel

Tantri (Perempuan yang Bercerita) Karya Cok Sawitri sebagai

Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar”. ELIC Unnisula.

Diakases pada 29 Oktober 2020.

Warieta dkk. 2015. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tadarus Cinta

Pujangga Karya Akmal Nasery Basral dan Implikasinya terhadap

Pembelajaran Sastra di SMA”. Kata.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang