Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Nebula Karya Tere Liye sebagai Muatan Materi Belajar Sastra di SMA
Abstract
The purpose of this study is to describe the educational values in Tere's novel Nebula. The collection method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. Qualitative approach that contains narrative not numbers. descriptive method is shown to describe the educational values in the novel Nebula by Tere Liye as a material for studying literature in high school. The results of the research in the novel Nebula by Tere Liye as a material for learning literature found several educational values, including the value of moral education with 35 data, social education value with 29 data, cultural education value with 14 data, and aesthetic education value with 6 data.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai nilai pendidikan dalam novel Nebula karya Tere. Metode pengumpulan daya yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif, yaitu berisi narasi bukan angka-angka. metode deskriptif ditunjukkan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Nebula karya Tere Liye sebagai muatan materi belajar sastra di SMA. Hasil penelitian dalam novel Nebula karya Tere Liye sebagai muatan materi belajar sastra ditemukan beberapa nilai-nilai pendidikan, di antaranya adalah nilai pendidikan moral 35 data, nilai pendidikan sosial 29 data, nilai pendidikan budaya 14 data, dan nilai pendidikan estetika 6 data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Aziz. 2012. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi.” Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Daldjoeni, N. 1987. Geografi Kota dan Desa. Bandung: Alumni.
Dinasyari, Yuni Nur. 2013. “Makna Berbakti Pada Orang Tua dalam Perspektif Remaja Muslim Jawa.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elneri, Nindy, Harris Effendi Thahar, dan Abdurahman. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi.” Jurnal Puitika Volume 14No. 1, April 2018. Tercantum pada file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/64-129-1-PB.pdf. Diakses pada 8 Januari 2021.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.
Isnanto, Dian Agung. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sri Danarti Karya Nana Tandez Melalui Perspektif Sosiologi Sastra.” Universitas Muhammadiyah Malang. Tercantum Pada http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA.
Kiftiawati dan Endry Sulistyo. 2007. Paribahasa dan Majas. Jakarta: Puspa Swara.
Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Liye, Tere. Nebula. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marzuki. 2009. Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-konsep Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY.
Masyhuri dan M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Mussen dkk. 2002. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan.
Mutiari. 2020. “Nilai Pendidikan dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya dengan Materi Pembelajaran Sastra Tinjauan Sosiologi Sastra SMK Nusantara 1 Tangerang.” Proposal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tangerang..
Prastika, Devin Cahya, dkk. 2018. “Nilai Pendidikan Novel Lipstick Karya Achmad Munif dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA”. Jurnal Penelitian Pendidikan: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol. 21No. 2, Agustus Tahun 2018. Tercantum pada file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/17376-54652-1-PB.pdf. Diakses pada 8 Januari 2021.
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Smolkin, D. 2008. “Puzzles About Trust. The Southern Journal of Philosophy.” Volume 46. Issue: 3 Page Number: 431+.
Sukardi. 1997. Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongengan Sulawesi Selatan. Jakarta: Depdikbud.
Tylor, Edward B. 1871. “Primitive Culture: Researches Into the Development of Mythology, Philosophy, Religion, Art, and Custom.” Volume 1. London: John Murray. https://istayn-staff.uns.ac.id
Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santosa. 2011. Sastra: Teori dan Implementasinya. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wellek, Renne dan Austin Warren. 1990. Teori Kesustraan (Diterjemahkan oleh Melani Budianta). Jakarta: Pustaka Jaya.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widada. 1999. “Latar Belakang Penutur Sebagai Faktor Penentu Bentuk Wacana Direktif dalam Bahasa Jawa.” Widyaparwa Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra. Oktober 1999. ISSN 0215-9171 (halaman 51-63).
Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Karam Utama.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang