Gaya Bahasa Perbandingan pada Cerpen dalam Cerpenmu.com Edisi 2020
Abstract
The purpose of this study is to describe the comparative language style of the latest selection of short stories 2020 from January to December on the short story pagemu.com. The method of providing data used is the listening method and followed by the note-taking technique. The listening method is done by listening to the use of language, while the note-taking technique is done by recording the data that is used as the object of research. The methods and techniques of data analysis carried out in this study are the matching and agih methods. methods and techniques for presenting the results of data analysis using informal presentation methods. The results of the analysis found by researchers in this study were 183 data including; 36 parables, 36 personifications, 25 metaphors, 7 depersonification, 9 allegory, 1 anithesis, 27 pleonasm/toutology, 35 periphrasis, 3 corrections/epanorthesis styles the language of prolepsis/anticipation cannot be found in the selection of the short story. The most dominant comparative language style in the twenty five short stories chosen is parable and personification
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud gaya bahasa perbandingan pada pilihan cerpen terbaru 2020 bulan Januari hingga Desember dalam laman cerpenmu.com. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Metode simak dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa, sedangkan teknik catat dilakukan dengan mencatat data- data yang dijadikan sebagai objek penelitian. Metode dan teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yakni metode padan dan agih. Metode dan teknik penyajian hasil analisis data yaitu menggunakan metode penyajian informal. Hasil analisis yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini sebanyak 183 data diantaranya; 36 gaya bahasa perumpamaan, 36 gaya bahasa personifikasi, 25 gaya bahasa metafora, 7 gaya gaya bahasa depersonifikasi, 9 gaya bahasa alegori, 1 gaya bahasa anithesis, 27 gaya bahasa pleonasme/toutologi, 35 gaya Bahasa periphrasis, 3 gaya bahasa koreksio/epanortesis sedangkan gaya bahasa prolepsis/antisipasi tidak dapat di temukan dalam pilihan cerpen tersebut. Gaya bahasa perbandingan yang paling dominan dalam duapuluh lima cerpen pilihan tersebut adalah gaya bahasa perumpamaan dan personifikasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsana, Muhammad Nurin. 2018. “Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Kukila Karya M. Aan Mansyur”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Amaliah, Linda Dani. 2020. “Gaya Bahasa Kiasan Novel Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan. Skripsi. Jawa Tengah: Universitas PGRI Semarang.
Auliaunnisa, Ihda. 2016. “Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Cerpen Murjangkung Cinta yang Dungu dan Hantu-Hantu karya AS Laksana dan implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Komunitas Penulis Cerpen Indonesia. 2012. “100 Cerpen terbaru 2020”. Diakses dari http://cerpenmu.com/100-cerpen-kiriman-terbaru pada 23 November 2020.
Lestari, Riana Dwi dan Eli Syarifah Aeni. 2018. “Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan pada Kumpulan Cerpen Mahasiswa”. Skripsi. Bandung: Universitas IKIP Siliwangi.
Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Mustafa, Musriani. 2018. “Gaya Bahasa Kiasan pada Cerita Pendek yang ditulis oleh Penulis Laki-laki dan Penulis Perempuan”. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Rafsanjani, Nur Rofiq. 2012. “Analissi Gaya Bahasa dalam Roman Der Steppenwolf Karya Hermann Hesse”. Skripsi. Yokyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakara. Dharma Anggota APPTI.
Tarigan, Henry Guntur 2013 Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Penerbit CV Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i2.16167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang