Pemanfaatan Media Video “Pelaksanaan Full Day School” dalam Pembelajaran Debat pada Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Tahun 2018/2019

Wulan Yulia Putri, Suyoto Suyoto, Pipit Mugi Handayani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan media video “pelaksanaan full day school” dalam pembelajaran kemampuan menganalisis isi debat pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri tahun pelajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata diskriptif tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Populasi dalam penelitian yang akan dilakukan sekarang adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri, dengan sampel peserta didik kelas X Tata Boga yang berjumlah 21 peserta didik. Pengumpulan teknik data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan untuk non tes berupa hasil angket, hasil observasi, hasil identifikasi masalah, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Weleri, bahwa media video “pelaksanaan full day school” dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi debat. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai peserta didik dengan rata-rata 88 dari KKM sekolah 75. Hal tersebut didukung dari hasil observasi sebelum dan sesudah terjadi perubahan peningkatan keaktifan peserta didik. Setelah adanya penerapan media video dari hasil observasi peserta didik, sehingga media tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi teks debat. Berdasarkan hasil angket media video juga     membantu peserta didik dalam menganalisis isi teks debat yang ditayangkan, sehingga peserta didik lebih antusias dan lebih bersemangat saat pembelajaran berlangsung di kelas pada materi menganalisis isi teks debat

 

ABSTRACT

         The purpose of this study is to describe how the application of video media "full day school implementation" in learning the ability to analyze debate content in class X SMK Muhammadiyah 1 Weleri 2018/2019 academic year.The method in this study uses a test method assisted by video learning media. The population in the research that will be conducted now is all students of class X SMK Muhammadiyah 1 Weleri, with a sample of students of class X Catering, totaling 21 students. Data collection techniques in this study used test techniques in the form of pretest and posttest, while for non-test in the form of questionnaire results, observation results, problem identification results, and documentation.The results of research that has been carried out at SMK Muhammadiyah 1 Weleri, that the video media "full day school implementation" can be applied in learning to analyze the content of the debate. This can be proven by the acquisition of student scores with an average of 88 from the school KKM of 75. This is supported by the results of observations before and after changes in student activity increase. After the application of video media from the results of student observations, so that the media can be applied in learning to analyze the content of the debate text. Based on the results of the questionnaire, the video media also helped students analyze the content of the debate text that was broadcast, so that students were more enthusiastic and more enthusiastic when learning took place in class on the material to analyze the content of the debate text



Keywords


media video; teks debat

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyaningrum, Widiastuti Dian. 2017. “Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gubug Tahun 2016/2017”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang