Gaya Bahasa dalam Novel Sagala Karya Anastia B Simarmata sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA

Hesti Dyah Wulandari, Ambarini Asriningsari, Muhajir Muhajir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Sagala karya Anastia B Simarmata dan mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Sagala karya Anastia B Simarmata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan menggunakan kata-kata untuk mendeskripsikan data yang telah diperoleh. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat gaya bahasa berdasarkan gaya bunyi ditemukan adanya gaya bahasa onomatope, asonasi, aliterasi, efoni, dan kakofoni. Gaya bahasa berdasarkan gaya kata ditemukan adanya gaya bahasa metafora, personifikasi, dan ambiguitas. Gaya bahasa berdasarkan gaya kalimat ditemukan adanya gaya bahasa hiperbola. Gaya bahasa yang mendominasi novel tersebut adalah gaya bahasa metafora. Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA pada kelas XII semester genap, yang terdapat dalam kurikulum 2013 pada KD 3.9 yaitu “Menganalisis isi dan kebahasaan novel”.


Keywords


gaya bahasa; novel, alternatif; bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Khusnin, Mukhamad. 2012. “Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya dalam Pengajaran Sastra di SMA:”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mindy, Arsyka Ferlian. 2020. “Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi Karya Joko Pinurbo sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

__________. 2020. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratama, Yhoga. 2021. “Gaya Bahasa dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas XII SMA”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Prawoto, Eko Cahyo. 2019. “Puitika dalam Kidung Jula-Juli”. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Ke-II. Halaman 323-331.

Sari, Sofia Kurnia. 2020. “Gaya Bahasa dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen sebagai Bahan Ajar Kelas XII di Sekolah Menengah Atas”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Simarmata, Anastia B. 2021. Sagala. Jakarta: Rene Turos Indonesia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang