Kesalahan Ejaan pada Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan ejaan pada teks eksplanasi karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih. Teknik dasar dalam metode agih disebut teknik bagi unsur langsung atau teknik BUL. Teknik selanjutnya yang digunakan dalam metode agih yaitu teknik ganti, teknik lesap, dan teknik sisip. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini diperoleh lima bentuk kesalahan ejaan ada teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba tahun pelajaran 2021/2022. Adapun bentuk kesalahan ejaan yang ditemukan yaitu kesalahan huruf kapital, kesalahan huruf miring, kesalahan penulisan kata, kesalahan penulisan angka dan bilangan, dan kesalahan tanda baca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deosy, Rara Fadhila. Abdurrahman, dan Zulfikarni. 2016. “Analisis Kesalahan Kalimat Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: Universitas Negeri Padang.
Devi, Rahmatika. 2019. “Analisis Kesalahan Ejaan Pada Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Nataliasari, Wahyu Desi. 2014. “Analisis Kesalahan Ejaan pada Surat Dinas di Balai Desa Butuh Krajan, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nisa, Khairun. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru”. Bindo Sastra 2. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.
Prasetyo, Sigit. 2019. “Analisis Kesalahan Ejaan Teks Biografi Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rumaningsih, Endang. 2015. Mahir dan Terampil Berbahasa Indonesia. Semarang: RaSail Media Group.
Setiawan, Didik. 2020. “Analisis Kesalahan Ejaan dalam Teks Eksposisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonopringgi Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Suprianto, Edy. 2019. “Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi”. Pendidikan Dasar. Volume 1, Nomor 2, Desember 2019, Halaman 22—23
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang