Analisis Buku Fisika Siswa pada Materi Suhu dan Kalor menggunakan Instrumen Science Textbook Rating System (STRS)

Rahayu Suciati, Sarwanto Sarwanto, E Y Ekawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kualitas buku siswa pada materi Suhu dan Kalor berdasarkan kriteria-kriteria pada instrumen penilaian STRS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Sumber data berupa materi Suhu dan Kalor pada dua buku Fisika siswa yang dinilai oleh lima penilai. Pengumpulan data melalui angket penilaian yang dimodifikasi oleh Jumanto. Teknik uji validitas data yang dilakukan adalah dengan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku A dan buku B cukup sesuai dengan kriteria aspek STRS. Kekurangan pada buku A adalah materi yang tidak lengkap, tidak menyajikan keterkaitan sains dengan lingkungan sosial dan masyarakat, dan ditemukan kesalahan informasi pada tabel kalor jenis zat halaman 427. Kekurangan pada buku B adalah tingkatan soal kurang bervariasi, tidak memuat latar belakang sejarah konsep, tidak terdapat panduan penggunaan buku, gambar kurang jelas, dan terdapat kesalahan konsep pengertian kalor pada halaman 128. Data kualitatif yang dikuantifikasi dianalisis mengunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 100% penilai menilai bahwa buku A memiliki kategori memuaskan. Pada buku B, 80% penilai menyatakan buku memiliki kategori memuaskan dan 20% dengan kategori cukup memuaskan.

Kata kunci: analisis buku, STRS, Suhu dan Kalor


Full Text:

PDF

References


Rukayat A 2018 Manajemen Pembelajaran (Yogyakarya: Deepublish)

Sujarwo, Santi F U & Tristanti 2018 Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat Diakses pada 5 Juli 2023 melalui https://staffnew.uny.ac.id/upload/198703282014042002/pendidikan/ buku%20 pengelolaan%20sumber%20belajar%202018.pdf.

Prastowo A 2018 Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah (Jakarta: Penerbit Kencana)

Abdulhak I & Darmawan D 2015 Teknologi Pendidikan (Bandung: Penerbit Rosdakarya)

Satriawan M & Rosmiati 2016 Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 1212-1217

Hadar L L 2017 Opportunities to Learn: Mathematics Textbooks and Students' Achievements Studies in Educational Evaluation 153-166

Sayekti, I C, Rini I F & Hardiyansyah F 2019 Analisis Hakikat IPA pada Buku Siswa Kelas IV Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013 Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 129-144. http://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256

Collette A T dan Chiappetta E L 1994 Science Instruction in The Middle and Secondaru Schools Third Edition (Newyork: Merril)

Jumanto dan Prasetyo Z K 2015 Analisis Kualitas BSE dan Non-BSE Sains SD dengan Sistem Penilaian Buku Teks Sains. Jurnal Prima Edukasia

Nurul D 2022 Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika JURINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 20-30 https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i1

Sofianto E W N dan Irawati R K 2020 Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2) https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2188

Sadzili A R L 2021 Analisis Kelayakan Buku Siswa Fisika untuk SMA/MA Kelas XI Yudhistira Edisi Revisi Skripsi (Semarang: UIN Walisongo)

Satiti A 2019 Analisis Kualitas Buku Teks Mata Pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI dengan menggunakan Instrumen Science Textbook Rating System (STRS) Dilihat dari Aspek Kegiatan Laboratorium Skripsi (Yogyakarta: UNY)

Sarosa S 2021 Analisis Data Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius)

Gumono 2016 Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013 DIKSA vol 1(2)

Giancoli 2014 Fisika Jilid 1: Prinsip dan Aplikasi (Jakarta: Erlangga)

Rosita R Syam M & Efwinda S 2023 Analisis Perbandingan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non-BSE Fisika SMA Kelas XI berdasarkan Science Textbook Rating System (STRS) Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) 5(1) 71-81.




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v3i3.20337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats