Efektivitas Pendampingan Belajar terhadap Capaian Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 8 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendampingan belajar dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan merupakan kombinasi pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif, dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran dan pemberian tes sebelum dan sesudah pendampingan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep fisika secara signifikan setelah pelaksanaan pendampingan belajar, meskipun sebagian kecil siswa mengalami penurunan skor. Dengan demikian, pendampingan belajar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa.
Kata kunci: pendampingan belajar, pemahaman konsep, fisika, efektivitas
Abstract. This study aims to examine the effectiveness of learning assistance in improving understanding of physics concepts, as well as identifying various factors that influence the difficulties of learning physics in class X-2 students of SMA Negeri 8 Surakarta. The research method used is a combination of descriptive qualitative and quantitative approaches, with a pre-experimental design of the one group pretest-posttest type. Data collection was carried out through observation of learning activities and giving tests before and after assistance. The collected data were then analyzed using the Paired Sample t-Test statistical test. The results of the study showed a significant increase in understanding of physics concepts after the implementation of learning assistance, although a small number of students experienced a decrease in scores. Thus, learning assistance has proven effective in improving students' understanding of physics concepts.
Keywords: learning assistance, conceptual understanding, physics, effectiveness
Full Text:
PDFReferences
Aprilyanti S, Asbari M, Supriyanti A, Fadilah I A 2024 Catatan Pendidikan Indonesia: Evaluasi, Solusi, & Ekspektasi J. Inf. Syst. Manag. 3(2) p 31-34
Safitri O A, Yunianti V D, Rostika D 2022 Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) J. Basicedu 6(4) p 7096-7106
Ginting A A B, Darmaji, and Kurniawan D A 2022 Analisis Pentingnya Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Se-Kecamatan Pemayung J. Pendidik. MIPA 12(1) p 91-96
Chan M I H, Septia E A, Febrianti K, and Desnita 2021 Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis J. Hasil Kajian Inov. Apl. Pendidik. Fis. 7(2) p 238-245
OECD 2023 PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education OECD Publ.
Mullis I V S, Martin M O, Foy P & Hooper M 2020 TIMSS 2019 International Results in Science and Mathematics TIMSS & PIRLS Int. Study Cent. Boston Coll.
Pantandean J A, Natalia, Swandi A 2023 Analisis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SMK di Halmahera Barat J. Ilm. Ecosyst. 23(2) p 317-352
Ady W N & Warliani R 2022 Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA Terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan J. Pendidik. Ilmu Fis. 2(1) p 104-108
Andini S P & Zakki M 2024 Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Matematika Griya J. Math. Educ. Appl. 4(1) p 29-39
Maulidina S & Bhakti Y G 2020 Pengaruh Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran Fisika J. Hasil Kajian Inov. Apl. Pendidik. Fis. 4(1) p 196-199
Nasution D 2023 Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fisika (Studi Meta-Analisis) Skripsi Univ. Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Melinia D, Anam MC & Susilowati E 2022 Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam membaca pemahaman di kelas IV SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri J. Basicedu 6(4) 6315-6324
Amaliyah R, Wijayanti DM & Suranata K 2021 Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di SMPN 1 Sawan J. Penelit. Pengkajian Ilmu Pendidik. 11(3) 247-258
Muderawan I W, Putra I M A & Mahadewi L P S 2024 Analisis kesulitan belajar siswa kelas X pada materi pokok laju reaksi ditinjau dari faktor internal dan eksternal J. Pendidik. Kim. Undiksha 8(1) 12-22
Nisa R K, Nurjanah S & Purnamasari Y 2023 Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring J. Basicedu 7(1) p 270-278
Sari M K, Rifa'i A & Tika W 2024 Analisis kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 16 Surabaya J. Pendidik. Sos. 14(1) p 25-34
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i2.23459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]