Investigasi Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Riset pada Perkuliahan Fisika Lingkungan

Marianus Marianus, Kenny Setiawan Lahope

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa fisika dalam pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi akar permasalahan serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hambatan belajar tersebut. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi kelas untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada enam mahasiswa dan dua dosen pengampuh mata kuliah fisika lingkungan yang menerapkan pembelajaran berbasis riset. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara yang dilakukan langsung dengan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Fisika Lingkungan, observasi partisipatif saat proses pembelajaran berbasis riset berlangsung, serta studi dokumentasi terhadap laporan riset mahasiswa dan materi perkuliahan terkait. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Model Miles dan Huberman yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengidentifikasi pola-pola kesulitan yang muncul secara sistematis. Temuan yang didapati menunjukkan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menuliskan argumen-argumen ilmiah, pemilhan metode, pegumpulan data, dan analisis data menggunakan program yang tepat; dimana para mahasiswa masih perlu mengikuti pelatihan atau workshop mengenai teknik menulis karya ilmiah atau artikel riset agar menjadi lebih mahir dalam menganalisis data, serta perlu adanya peningkatan literasi digital.

Full Text:

PDF

References


Taguma M, Makowiecki K & Gabriel F 2023 OECD learning compass 2030: implications for mathematics curricula Math. Curric. Reforms Around World: 24th ICMI Study p 479-509

Anjarwati S, Aryani A E, Azizah F F, & Abdullah A A 2021 Eksplorasi Etnomatsains pada Lumpia Semarang serta Implikasi dalam Pembelajaran Matematika dan Sains PENDIPA Journal of Science Education 6(1) p 183-192.

Firdiansyah F 2022 Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Novel Inggris: Suatu Kajian Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22(1) p 591-596

Kalsum U, Hamzah H, & Taulangi F 2020 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Isis Proteus Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xii Mia Sma Negeri 3 Majene Phydagogic Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya 3(1) p 8-14

Anwar Y A S, Idrus S W A, & Siahaan J 2020 Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyusun Laporan Praktikum Jurnal Pijar MIPA 15(4) p 329-331

David D N, Hamdani D, & Setiawan I 2023 Developing Physics Teaching Aids on Moment of Inertia Material using Arduino Nano and TCRT5000 Sensor Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 7(1) p 10-21

Manurung R, Harahap E, Tahrun T, & Suharyadi A 2020 Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Ilmiah Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 2(2) p 168-177

Matsun M, Boisandi B, Sari I N, Hadiati S, & Hakim S L 2021. Use of Arduino Microcontroller and Proteus Software in Physics Lesson in Review of Mathematics Ability and Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 7 p 20-27

Putri U N 2021 Penggunaan Exploratory Factor Analysis (EFA) untuk Pengembangan Skala Kecemasan Statistik dalam Pendidikan Psychocentrum Review 3(2) p 153-163

Rahim A 2022 Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian 4(1)

Simatupang E P C & Widjaja Y 2021 Hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan pembelajaran dengan kejadian burnout di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik Tarumanagara Medical Journal 3(2) p 291-303

Perkasa I, Purwanto, & Wulansari R E 2022 Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang VOMEK (Vokasi Mekanika) 4(4)

Suparya I K, Suastra I W, & Arnyana I B P 2022 Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9(1) p 153-166

Susilawati S, Doyan A, Kosim K, Wahyudi W, Zuhdi M, Musanni M, & Rahmawati S 2020. Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 3(2) 104-108

Widianto A, & Sari Y P 2017 Deteksi kecurangan akademik pada mahasiswa d iii akuntansi politeknik harapan bersama tegal dengan modelfraud triangle Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 1(1), p 29

Wijayanti A W, Palittin I D, & Bahri S 2019 Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Miring Merauke JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 7(1) 46-51




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v4i2.23654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today  ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email:  [email protected]

View My Stats