Peningkatan Aktifitas Belajar dan Prestasi Belajar pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Aturan dan Tata Tertib yang Berlaku di Sekolah melalui Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Kabunan Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Aktivitas belajar siswa kelas II di SDN 01 Kabunan masih kurang memuaskan demikian pula dengan hasil prestasi belajarnya. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal keadaan siswa yang aktif 17% (6 anak), kurang aktif 28% (10 anak) dan tidak aktif 55% (20 anak), adapun jumlah siswa yang berprestasi baik 20% (7 anak), berprestasi sedang 22% (8 anak), dan berprestasi kurang 58% (21 anak). Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut; (1). perencanaan tindakan (2). Pelaksanaan tindakan. (3). Pengamatan, (4). Refleksi. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada siklus 1 guru menggunakan model pembelajaran scramble pada kelompok besar yang terdiri dari 6 siswa, dan pada siklus 2 model pembelajaran scramble digunakan untuk kelompok kecil yang terdiri dari 2 siswa. Untuk memperoleh data keaktifan siswa guru menggunakan lembar observasi adapun data prestasi diambil dari hasil evaluasi yaitu ulangan harian. Dari hasil pembelajaran siklus 1 diperoleh hasil data keaktifan Siswa yang aktif meningkat menjadi 59,3%, cukup aktif menurun menjadi 25,1%, kurang aktif menurun menjadi 15,7%. pada siklus 2 diperoleh data ada peningkatan untuk siswa aktif meningkat menjadi 81,8%, cukup aktif menurun menjadi 15,5% kurang aktif menurun menjadi 2,7%. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan banhwa penggunaan model pembelajaran sramble dapat meningkatkan keaktivan dan prestasi belajar siswa kelas II SDN 01 Kabunan semester 2 tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Aktifitas belajar, Kegiatan belajar, Model pembelajaran Scramble.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v7i2.10168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.