PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENDIDIKAN INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF)
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini yang disingkat menjadi PAUD, Merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Perkembangan anak yang perlu diperhatikan adalah dalam menumbuhkan perilaku yang memiliki ciri-ciri nilai karakter yang baik yang menjadikan anak mampu menghadapi kehidupan saat dewasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter anak diantaranya nilai kejujuran, kesopanan dan nilai kemandirian di TK Muslimat NU Masyithoh 19 “Annisa” Jenggot Kota Pekalongan. Dalam mengembangkan kemampuan nilai-nilai karakter juga diperlukan adanya kerjasama peran orang tua dalam melakukan pembiasaan yang sudah dilakukan disekolahan. Metode pendekatan dalam penelitian ini secara umum adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan untuk memunculkan suatu produk yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah Kenaikan hasil kemampuan nilai-nilai karakter dalam program pendidikan Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang dilakukan dengan terintegrasi dalam pembelajaran sekaligus pembiasaan dikehidupan sehari-hari yang mampu memaksimalkan perkembangan kemampuan nilai karakter anak itu sendiri.
Full Text:
PDFReferences
Abdi, M. (2018). The implementation of character education in kalimantan, indonesia:
multi site studies. DINAMIKA ILMU, 18, 17.
Abdi, M. (2018). The Implementation of Character Education in Kalimantan, Indonesia:
Multi Site Studies. Dinamika Ilmu, 317.
Abdullah Sani, R., & Kadri, M. (2016). Pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Almerico, G. (2014, Oktober). Building character through literacy with children’s
literature. Research in Higher Education Journal, 26, 13.
Almerico, G. (2014). Building character through literacy with children’s literaturE.
Research in Higher Education Journal, 26, 2.
Ansori, R. M. (2016). Strategi penananaman nilai-nilai pendidikan islam pada peserta
didik. Jurnal Pusaka, 8, 14-32. Retrieved from
http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/strate
gi-penanaman-nilai-islam/86
Arifin, A.-R., & Fardana, N. (2014). Peran pendidik PAUD dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter melalui metode pembejaran sentra dan lingkaran.
JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3, 3.
Arifin, A.-R., & Fardana, N. (2014, Desember). Peran pendidik PAUD dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran
sentra dan lingkaran. JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 11.
Avalentina, K. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Trenggalek
dengan Sub Tema "Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Semester II
Sekolah Dasar. Jakarta.
Barus, G. (2015). Menakar hasil pendidikan karakter terintegrasi di SMP. Cakrawala
Pendidikan, 2.
Berkowitz, M. (2018). Using research to set priorities for character education inschool
: A global prespective. KEDI journal of educational policy, 15-661.
Cahyaningrum, E., Sudaryanti, & Purwanto , N. (2017). Pengembangan nilai-nilai
karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal
Pendidikan anak usia dini, 6, 11. Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17707
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020, Juni). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan
Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Journal Golden age, 04, 8.
Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD LECTURA: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 1.
Effendi, H., & Hedriyani, Y. (2016). Pengembangan model blended learning interaktif
dengan prosedur brog and gall. International Seminat Education (ISE), 2,
-66. Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/zfajx/
Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018, juli-desember). Pengembangan karakter
anak di Indonesia heritage foundation (IHF) depok. Jurnal Penelitian
Pendidikan Islam, 3. Retrieved from https://riset-
iaid.net/index.php/jppi/article/view/294
Fitroh, S., & Sari, E. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak
usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 76-149.
Frimayanti, A. (2017). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam.
Jurnal Pendidikan Islam: AL-TADZKIYYAH, 230.
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. Jurnal Kajian
Perpustakaan dan Informasi, 1, 21-29.
Halimatussa'diyah. (2020). Nilai-nilai pendidikan agama islam multikultural. Surabaya:
CV. Jakad Media Publishing. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/NILAI_NILAI_PENDIDIKAN_AGAM
A_ISLAM_MULTI/9tvoDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&pr
intsec=frontcover
Hasan, S. H., & dkk. (2018). Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran
berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter
bangsa. Jakarta: Kemeterian Pendidikan Nasional. Retrieved from
http://new-
indonesia.org/beranda/images/upload/dok/kurikulum/pengembangan-
pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa.pdf
Hermawan, D. (2013). Sugestive parenting. Jakarta: PT Gramedia.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa
indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pemebelajaran Dasar,
-204.
Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter. Pekalongan: PT NasyaExpanding
Management (Penerbit NEM-Anggota IKAPI). Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/WAWASAN_PENDIDIKAN_KARAK
TER/Z_okEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+karakter+anak+dari+
mulyasa&pg=PA14&printsec=frontcover
Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif
budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Dinamika Sosial
Budaya, 148-160.
Jusita, M. (2016). Pengembangan nilai-nilai karakter dalam aktivitas belajar
menggunakan media pembelajaran "pecango". Jurnal Teori dan Praktis
Pembelajaran IPS, 1, 22-26.
Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia
dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Pola_Pembelajaran_9_Pilar_Kara
kter_Pada/btjuDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=INDONESIA+HERITAGE+FO
UNDATION&pg=PA252&printsec=frontcover
Khasanah, l. (2016). Penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di paud
karakter nusantara. Journal unnes, 73.
Khomaeny, E., & Hamzah, N. (2019). Metode-metode pembelajaran pendidikan
karakter untuk anak usia dini menurut QS. lukman : 12-19. Tasikmalaya:
EDU PUBLISHER. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=tELADwAAQBAJ&oi=fnd&
pg=PR4&dq=LANDASAN+YURIDIS+TENTANG+KARAKTER+PENDIDIKAN+AN
AK+USIA+DINI&ots=VBSi55EbDd&sig=TdbHhCRk1IdbB09Z4Enl43397E4&re
dir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Kuliyatun. (2019). Penanaman nilai-nilai religius pada peserta didik di SMA
MUHAMMADIYAH 01 metro lampung. Ar-Tajdid-Universitas
Muhammadiyah Metro Lampung, 03, 180-198.
Lestary, L. (2017). Peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-
qur'an pada peserta didik madrasah ibtidaiyah (MI) diniyah putri lampung.
ILMU PENDIDIKAN ISLAM, 167.
Lickona, T. (2021). Pendidikan nilai dan karakter. Jakarta: Nusa Media.
Lubis, M. d. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edu Publisher. Retrieved from
IPUSNAS.COM
Marbun, I. (2016). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Depok: Academia.
Retrieved from
https://www.academia.edu/9535707/MODEL_PENDIDIKAN_HOLISTIK_BER
BASIS_KARAKTER
Megawangi, R. (2017). Menyemai benih karakter. Depok: INDONESIA HERITAGE
FOUNDATION.
Nata, A. (2020). Pendidikan islam di era milenial. Jakarta: KENCANA. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Islan_Di_Era_Milenia
l/0OkREAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+holistik+berbasis+karak
ter&pg=PA161&printsec=frontcover
Nida, D., Parmiti, D., & Sukmana, A. (2020). Pengembangan media kartu bergambar
berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa bali.
EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 16-31.
Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Sari M, P., & M, S. (2016). Nilai-nilai karakter
pada permainan tradisional. In prosiding seminar nasional inovasi pendidikan. Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional, 2. Retrieved
from
htpps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8942/6503
Nurafiati, d. (2021). Strategy for strengthening character education in physical
education learning at makassar city elementary educational level. Journal
of Hunan University, 48, 311-320.
Nurafiati, S., Rahayu, T., Sugiharto, & Pranomo, H. (2021, juni). Strategy for
strengthening character education in physical education learning at
makassar city elementary education level. Journal of Hunan University(
Natural Sciences), 48 No.6, 314. Retrieved November Rabu, 2021
Nuraida, N. (2016). Pengembangan nilai-nilai karakter melalui pendidikan pencak silat
untuk anak usia dini. Tunas Siliwangi, 2, 59-77.
Nurwanti, S. (2014 ). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media.
Pebriana, P. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial
pada anak usai dini. Jurnal obsesi, 1-11.
Permono, H. (2018). Peran orang tua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak
untyuk membangun karakter anak usia dini. "Y.A.I", 47.
Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik ( E-BOOK
)oleh pemustaka di perpustakaan SMA NEGERI. JURNAL ILMU
PERPUSTAKAAN, 2, 4. Retrieved DESEMBER Kamis, 2021, from
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123
Prastyo, E. (2015). Ternyata penelitian Itu mudah. (S. Hasan, Ed.) Lumajang: EduNomi.
Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/TERNYATA_PENELITIAN_ITU_MU
DAH/XpWJDAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=PENELITIAN+4D&pg=PA43&pri
ntsec=frontcover
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan. LITERASI (Jurnal Ilmu
Pendidikan), 19-32.
Puspitasari, P. (2017). Evaluasi pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter pada
guru TK. Jurnal Inovasi Pendidikan MH. Thamrin, 62-71.
Putri, D. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-
RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 37-50.
Rabiah, S. (2013, Desember). Pengembangan materi ajar bahasa makassar berbasis
nilai-nilai karakter dan kearifan lokal disekolahdasar kota makassar. INA-
Rxiv Papers, 18. Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/s8uv5/
Rianawati. (2020). Implementasi nilai-nilai karaktrer pada mata pelajaran pendidikan
agama islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Implementasi_Nilai_Nilai_Karakt
er_Pada_M/yhtaDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=nilai-
nilai+karakter&printsec=frontcover
Riyanto, Y. (2001). Metode Penelitian Pendidikan. SIC (Universitas Islam Surabaya), 23.
Rozana, dkk, S. (2021). Strategi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.
Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rozhana, K. (2015). Pengembangan modul berbasis potensi daerah Malang kelas IV
semester II dengan tema tempat tinggalku. The Learning University, 37.
Sabrina, U., Ardianti, S., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam menumbuhkan
karakter religius anak usia sekolah dasar selama pandemi covid 19. Jurnal
Ilmu Pendidikan, 3, 11. Retrieved from
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1233/pdf
Saefurohman, A. (2011). Membangun sdm melalui pendidikan holistik berbasis
karakter dan berorientasi pemberdayaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat,
Retrieved from
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1716
Safari, M. (2020). Psikologi anak usia dini. Riau: DOTPLUS PUBLISHER. Retrieved from
IPUSNAS.COM
Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan. Yogyakarta: Aswaja
Pressindo. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENELITIAN_PENG
EMBANGAN_RESEAR/O2nsDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+pen
gembangan&printsec=frontcover
Sari, R. K. (2021). Penelitian kepustakaan dalam penilitian pengembangan pendidikan
bahasa indonesia. JURNAL BORNEO HUMANIORA, 60-69.
Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pengembangan. Jakarta: KENCANA. Retrieved
from APLIKASI I-PUSNAS
Siswono, T. (2019). Paradigma penelitian pendidikan (1 ed.). (Nita, Ed.) Bandung: PT.
REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from APLIKASI I-PUSNAS
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:
ALFABETA.
Suharsimi, A. (2014). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukitman , T. (2016). Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya
menciptakan sumber dan manusia yang berkarakter). JPSD: Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar, 2, 87.
Sulastri. (2018). Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala
University Press. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Nilai_Karakter_Dalam_Pembelaj
aran_Kimia/SpHPDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&printse
c=frontcover
Sulastri. (2018). Nilai Karkater dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala
University Press. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Nilai_Karakter_Dalam_Pembelaj
aran_Kimia/SpHPDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai&printse
c=frontcover
Suryaningsih, E. (2022). Implementasi pendidikan karakter pada proses
pembelajarandi lingkungan sekolah SD MUHAMMADIYAH 1 bandar
lampung. UIN Raden Intan Lampung, 1.
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses meraih Hibah Penelitian Pengembangan.
Yogyakarta: DEEPUBLISH. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Kiat_Sukses_Meraih_Hibah_Pen
elitian_Peng/-
RInDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=borg+and+gall+buku+penelitian+penge
mbangan&pg=PA33&printsec=frontcover
Syamsunardi, & Syam, N. (2019 ). Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Takalar
Sulawesi Selatan. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Keluarga_d
an_Sekolah/Ksa_DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+karakter+an
ak&printsec=frontcover
Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pendidikan_Karakter_Dal
am_Keluarga/i4dKDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+nilai-
nilai+karakter+pada+anak&printsec=frontcover
Tegeh, M., & Kirna, M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian
pendidikan dengan ADDIE model. JURNAL IKA, 11, 2. Retrieved from
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145/1008
Wallace, M., & Poulson, L. (2006). Educational leadership & management. London:
SAGE Publications Ltd. Retrieved from
https://www.google.co.id/books/edition/Learning_to_Read_Critically_in_
Education/0yPTRWCXzNkC?hl=en&gbpv=1&dq=borg+and+gall&pg=PA114
&printsec=frontcover
Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (III). Malang:
Universitas Muhammadiyah Pemalang.
Wirayasa, I., Darmayasa, P., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan instrumen penilaian
hasil belajar ranah kognitif model 4D pada materi sepak bola berdasarkan
kurikulum 2013. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN
KESEHATAN, 8, 8.
Wiseza, F. (2005). Implementasi nilai karakter jujur di drkolah bunda paud kerinci.
Dosen Tetap pada Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 4,
Yoga S, S. (2018, Januari). PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA DAN
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI. Jurnal Al-Bayan, 24.
Yuliana, N., Dahlan, M., & Fahri, M. (2020). Model pendidikan holistik berbasis
karakter di sekilah karakter indonesia heritage foundation. Jurnal
Pendidikan Dasar EDUHAMA, 24. Retrieved from
https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/15872/pd
f
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.12972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.