PENGEMBANGAN METODE MEMBATIK ECOPRINT UNTUK MENUMBUHKAN MOTORIK HALUS ANAK TK
Abstract
Perkembangan ketrampilan motorik halus anak yang sering dijumpai khususnya anak Taman Kanak-Kanak, bahwa anak-anak masih mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari-jari tangan untuk kegiatan seperti memotong, mengecat, melipat dan mengisi pola dengan merekatkan benda-benda kecil. Hal ini disebabkan antara lain keterbatasan media, anak tidak dapat memegang gunting dengan benar, tidak dapat mengikuti pola, atau kurang tepatnya metode dan strategi pembelajaran yang diberikan kepada anak serta kurang variatif dan monoton sehingga anak enggan atau malas saat melakukan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan buku pintar /flipbook metode membatik ecoprint untuk menumbuhkan motorik halus anak. Metode penelitan ini Research & Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall dengan 10 langkah, namun penelitian ini dengan delapan langkah yakni sampai dengan ujicoba lapangan. Kesimpulannya bahwa buku pintar/ flipbook membatik ecoprint terbukti layak, praktis dan efektif untuk menumbuhkan motorik halus anak TK. Orang tua dan guru dapat menggunakan buku pintar/flipbook membatik ecoprint sebagai sumber bahan ajar yang dapat menumbuhkan motorik halus anak TK, sebagai salah satu pilihan untuk mengeluarkan emosioanal anak dan mengenalkan budaya lokal batik yang ramah lingkungan serta sebagai sarana mengembangkan kreatifitas seni anak.
Full Text:
PDFReferences
Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan Membatik Dalam Mengembangkan
Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92–105.https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043
Rofiah, S. D., & Mangkuwibawa, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus
Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul
Athfal (JAPRA), 3(1), 91–102. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8109
Salsabila, B., & Ramadhan, M. S. (2018). Eksplorasi Teknik Ecoprint dengan Menggunakan Kain
Linen untuk Produk Fashion. E-Proceeding of Art & Design, 5(3), 2277–2292.
Vaneza, T., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus
Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Bunda Tunas Harapan Kabupaten
Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 572–580.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/501/470
Pengetahuan, J. I., & Seni, K. (2016). Jurnal Ekspresi Seni. 18(1), 1–179.
Piliani, M., Endriani, A., & Mirane. (2019). Jurnal Transformasi Volume 5 Nomor 2 Edisi
September 2019 PLS FIP IKIP Mataram. 5(September).
Mardiana, T., Kusumawardani, R., & Wardhani, R. D. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan
Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Melukis Dengan Pasir. Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 147.
https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4654
UUD RI RI No. 41. (1999). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 2003(1), 1–5.
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja
&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=http
s%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-
modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-
undang-nomo
Wirawan, B. D. S., & Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan
Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan,
, 1–5.
Sundayana, I. M., Aryawan, K. Y., Fransisca, P. C., & Astriani, N. M. D. Y. (2020). Perkembangan
Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal
Keperawatan Silampari, 3(2), 446–455. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1052
Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik
Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung
Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA,
(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika,
(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Clourisa, N., Susanto, A., Latief, M., & Dyah, R. (2021). Pengenalan ecoprint guna
meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi
Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 111–117.
https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974
Saraswati, R., & Restuti, R. C. (2020). Buku Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam
Menunjang Pariwisata M . H . Dewi Susilowati Ratri Candra Restuti Fajar Dwi
Pamungkas Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam i Indonesia Universitas. October, 1–102.
Regina, B. D., W, A. R., Wardoyo, P., Malang, U. M., Malang, M., & Malang, U. M. (n.d.).
PELATIHAN PEMBUATAN SUVENIR AKSESORI FASHION BATIK ECOPRINT BAGI
GENERASI MUDA. 1(20), 228–235.
Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar
Nasional: Seni, Teknologi Dan Masyarakat, 2, 183–187.
Tujuan, A., Rt, P. K. K., Kramas, K., Ecoprint, B., & Rt, P. K. K. (n.d.). dan 110 0 26 ’ 24 ". 627–
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada
Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase
Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui
Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1–
, 1–13.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan
Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2),
–1155.
Atikah, D. (2017). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada
Anak Usia 5-6 Tahun Artikel. Sandora Salim, 29–39.
Almi, P., & Yeni, I. (2021). Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan
Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.249
Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & Communication Technology in
Shaping Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
Irianingsih, Nining. 2018. Yuk Membuat Eco Print Motif kain dari daun dan bunga. Jakarta. PT
Gramedia Pustaka Utama
Almi, P., & Yeni, I. (2021). Pemanfaatan Membatik Sederhana untuk Mengembangkan
Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. EDUKATIF: JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 3(1), 102-108.
Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung, Alfabeta,
, hal. 163-165
Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 1(01), 60-71.
SEPTI, A. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR DI SD/MI (Doctoral
dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran
Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan
Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic
Education, 3(1), 22-36.
Ramdania, D. R. (2013). Penggunaan media flash flip book dalam pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bandung. UPI.
Artikel Ilmiah Tugas Akhir.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book
Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.
Paramitha, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis
Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal
Golden Age, 3(01), 1-16.
Nanik, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Permainan
Playdough Pada Kelompok B Di Paud Al–Hidayah Depo Indah No. 1 Kemijen
Semarang Timur Tahun Ajaran 2012/2013.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik
Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66-79.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden
Age, 2(01), 25-34.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.