PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA KARTU MISTERI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V TEMA V EKOSISTEM DI SDN 02 KALIAMAN
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagimanakah pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 02 Kaliaman?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02 Kaliaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekseprimen. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kleas V SDN 02 Kaliaman . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dan observasi. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil pretest dan postest. Nilai rata-rata pretest yaitu 50,5, dan postest sebesar 93,5. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh t hitung sebesar 15,27872 dan untuk mengetahui t tabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan sebesar 1,701. Jadi nilai t hitung > t tabel yang artinya di tolak dan di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media kartu misteri berpengaruh terhadap hasil belajar kelas V tema 5 SDN 02 Kaliaman.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Numered Head Together berbantu media kartu misteri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Agus, S. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Arikunto. (2015) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Asdar. (2018). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Azkiya Publishing.
Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas
V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Danajaya Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Gava
Media.
Dewi Krisdiyanti, Harto Nuroso, F. R. (2019). Pengaruh Model Integrated Berbantu Mind
Mapping Terhadap Hasil Belajar.
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered
Head Together Berbantuan Gambar terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan
IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran.
Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III.
Jurnal Pendidikan Dasar.
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar
Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2
Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern : Konsep Dasar, Inovasi dan
Teori Pembelajaran. Garudhawaca.
Huda, M. (2015). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan.
Pustaka Pelajar.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh.
kurniasih dan berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. kata pena.
Kurniasih, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Nasution, (2013) Berbagai Pendekata Dalam Prose Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pahlevi Ardian, Aries Tika Damayani, K. (2018). Keefektifan Model NHT( Numbered Head
Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika.
Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal
Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2: 127
Riyanto, T. (2015). Model -Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Alfabeta.
Selvina Andriana, K.Y. Margiati, A. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model NHT Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Ngabang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana
Media Grup
Wijayanti, Lidia (2017).Pengaruh Pembelajaran Numered Head Together dan Talking Stik
Terhadap Hasil Belajar Ips.
Wisundani Yunia Hardianti Indri, Harto Nuroso, M. A. (2020). Keefektifan Model
Pembelajaran Kontekstual Berbantu Media Pembelajaran Buku Berjendela Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Semirejo 02.
Zahara, R. A., Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model
Pembelajaran Tgt Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education
Technology.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.