PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA KARTU MISTERI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V TEMA V EKOSISTEM DI SDN 02 KALIAMAN

Sheila Nur Safitri, Fine Reffiane, Mira Azizah

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagimanakah  pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 02 Kaliaman?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran NHT berbantu media kartu misteri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02 Kaliaman.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekseprimen. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kleas V SDN 02 Kaliaman . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dan observasi. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil pretest dan postest. Nilai rata-rata pretest yaitu 50,5, dan postest sebesar 93,5. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh t hitung sebesar 15,27872 dan untuk mengetahui t tabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan sebesar 1,701. Jadi nilai t hitung > t tabel yang artinya  di tolak dan  di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media kartu misteri berpengaruh terhadap hasil belajar kelas V tema 5 SDN 02 Kaliaman.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Numered Head Together berbantu media kartu misteri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.