ANALISIS PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

Moh Iqbal Atho Illah, Riris Setyo Sundari, Bagus Ardi Saputro

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anaknya untuk belajar dan selalu berprestasi. Tujuan penlitian ini diantaranya yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, peran guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam menjalankan tugas ialah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, memberikan umpan balik. peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, memberikan penghargaan, menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas. Cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dilakukan seperti berikut ini memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, hukuman.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Ulwan, Tarbiyatul Aulad fil Islam Juz II, Beirut: Darussalam Dalyono, M, 2005.

Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Depdikbud, 1993. Kamus Besar

Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Andhini, Nisa Fitri. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhap Motivasi Belajar.” Journal of

Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2017): 1689–99.

Darmadi, Hamid. 2015. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru

Profesional.” Jurnal Edukasi 13(2):161–74.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol.

No. 2. Abd. Rachman Abror. Psikologi Pendidikan Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Ernata, Yusvidha. 2017. “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian

Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar.” Jurnal

Pemikiran Dan Pengembangan SD5(September):781–90.

Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa

Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sd Negeri

Cibuluh 6 Kota Bogor.Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).

Hasbullah, 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hendrik Lempe Tasaik, Patma Tuasikal. 1907. “Peran Guru Dalam Meningkatkan

Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi.” Journal

Pendidikan Ke-SD-An14(1):45–55.Hm,

Hery Noer Aly, 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.

https://eprints.uny.ac.id/14384/1/24.%20Amin.pdf

Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal

Office, 2(2), 221-228.

Jamiati, Rachmat Rahputra, M. Akip. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi

Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar,

Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 1.

Judith Rich Harris Robert M. Liebert, 1984. The Child DevelopmentFrom Birth Throught

Adolescence, New Jersey: Prentice Hall.

Khadijah, I. (n.d.). “ PERAN GURU INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI

BELAJAR SISWA DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN. 14, 1–11.

Kirom, Askhabul. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bebasis

Multikultural.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam3(1):69–80.

M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

M. Ngalim Purwanto, 1995. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Manizar, Elly. 2015. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.” Tadrib 1 (2): 204–22.

Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Muh, Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Volume V, Nomor 2.

Muhaimin, 2002, Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama

Islam di Sekolah), Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawar. 2019. “The Application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to

Increase Motivation and Learning Outcomes of Students in Class 5 SD N 07 Ledok

Salatiga in Mathematics Subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry

Topics.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam11(2):114–35

Mustakin, M., Yunus, M., & Hastuti, H. (2022). Pengaruh Motivasi dan Keaktifan terhadap

Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2),

–3075.

Noeng Muhadjir, 1993, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Rike Sarasin. Noer Aly, Hery, 1999.

Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi

Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan

Sardiman, A.M., 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Simamora. 2015. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Vol. 1, No 2.

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharni & Purwanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan

dan Konseling Vol. 3 No. 1.

Sumiati S. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI J

Pendidik Agama Islam. 2018;3(02):145-164. doi:10.26618/jtw.v3i02.1599

Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Winkel, 1987.

Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.

Wardani AD, Gunawan I, Kusumaningrum DE, et al. Student Learning Motivation: A

Conceptual Paper. 2020;487(Ecpe):275-278. doi:10.2991/assehr.k.201112.049.

Zakiah Daradjat, dkk, 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.