ANALISIS PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anaknya untuk belajar dan selalu berprestasi. Tujuan penlitian ini diantaranya yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, peran guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam menjalankan tugas ialah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, memberikan umpan balik. peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, memberikan penghargaan, menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas. Cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dilakukan seperti berikut ini memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, hukuman.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.