ANALISIS PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anaknya untuk belajar dan selalu berprestasi. Tujuan penlitian ini diantaranya yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, peran guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam menjalankan tugas ialah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, memberikan umpan balik. peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, memberikan penghargaan, menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas. Cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dilakukan seperti berikut ini memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, hukuman.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Ulwan, Tarbiyatul Aulad fil Islam Juz II, Beirut: Darussalam Dalyono, M, 2005.
Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Depdikbud, 1993. Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Andhini, Nisa Fitri. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhap Motivasi Belajar.” Journal of
Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2017): 1689–99.
Darmadi, Hamid. 2015. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru
Profesional.” Jurnal Edukasi 13(2):161–74.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol.
No. 2. Abd. Rachman Abror. Psikologi Pendidikan Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Ernata, Yusvidha. 2017. “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian
Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar.” Jurnal
Pemikiran Dan Pengembangan SD5(September):781–90.
Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa
Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sd Negeri
Cibuluh 6 Kota Bogor.Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).
Hasbullah, 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hendrik Lempe Tasaik, Patma Tuasikal. 1907. “Peran Guru Dalam Meningkatkan
Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi.” Journal
Pendidikan Ke-SD-An14(1):45–55.Hm,
Hery Noer Aly, 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.
https://eprints.uny.ac.id/14384/1/24.%20Amin.pdf
Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal
Office, 2(2), 221-228.
Jamiati, Rachmat Rahputra, M. Akip. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi
Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar,
Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 1.
Judith Rich Harris Robert M. Liebert, 1984. The Child DevelopmentFrom Birth Throught
Adolescence, New Jersey: Prentice Hall.
Khadijah, I. (n.d.). “ PERAN GURU INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN. 14, 1–11.
Kirom, Askhabul. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bebasis
Multikultural.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam3(1):69–80.
M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
M. Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
M. Ngalim Purwanto, 1995. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Manizar, Elly. 2015. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.” Tadrib 1 (2): 204–22.
Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Muh, Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Volume V, Nomor 2.
Muhaimin, 2002, Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama
Islam di Sekolah), Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawar. 2019. “The Application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to
Increase Motivation and Learning Outcomes of Students in Class 5 SD N 07 Ledok
Salatiga in Mathematics Subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry
Topics.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam11(2):114–35
Mustakin, M., Yunus, M., & Hastuti, H. (2022). Pengaruh Motivasi dan Keaktifan terhadap
Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2),
–3075.
Noeng Muhadjir, 1993, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Rike Sarasin. Noer Aly, Hery, 1999.
Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan
Sardiman, A.M., 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Simamora. 2015. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Vol. 1, No 2.
Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Suharni & Purwanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan
dan Konseling Vol. 3 No. 1.
Sumiati S. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI J
Pendidik Agama Islam. 2018;3(02):145-164. doi:10.26618/jtw.v3i02.1599
Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Winkel, 1987.
Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.
Wardani AD, Gunawan I, Kusumaningrum DE, et al. Student Learning Motivation: A
Conceptual Paper. 2020;487(Ecpe):275-278. doi:10.2991/assehr.k.201112.049.
Zakiah Daradjat, dkk, 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.