PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS I, II, DAN III DALAM MENYUSUN PERANGKAT ADMINISTRASI GURU KELAS MELALUI KEGIATAN SUPERVISI ADMINISTRASI
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak guru yang menemui permasalahan pembelajaran, kepala sekolah belum melaksanakan tugas supervisi secara efektif dan berkesinambungan dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi administrasi guru kelas dapat meningkatkan kinerja guru kelas I, II dan III di SD Negeri 05 Cikadu Kecamatan Watukumpul. Tujuan penelitian ini adalah untuk:(1) mengetahui keefektifan, dampak dan model pelaksanaan supervisi administrasi guru kelas di SD Negeri 05 Cikadu Kecamatan Watukumpul terhadap peningkatan kinerja guru kelas I, II dan III dalam penyusunan administrasi guru kelas. Subyek dalam penelitian 3 orang guru di SD Negeri 05 Cikadu Kecamatan Watukumpul Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi serta analisis dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja guru dalam penyusunan administrasi kelas, di mana pada kondisi awal tidak ada guru yang mampu menyusun penyusunan administrasi kelas dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh guru-guru yaitu 78 dan hanya masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat cukup signifikan walaupun masih belum ada guru yang dinyatakan mampu menyusun administrasi kelas dengan baik, dengan peroleh nilai rata-rata secara klasikal sebesar 118 dan masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai secara klasikal sebesar 158 dalam kriteria nilai baik. Kesimpulannya adalah supervisi administrasi guru kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 3 orang guru di SD Negeri 05 Cikadu Kecamatan Watukumpul dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kinerja guru dalam penyusunan administrasi guru kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 106-119.
Bafadal, I. (2016). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan, 25(1), 1-9.
Das, K. (2019). The role and impact of ICT in improving the quality of education: An overview. International Journal of Innovative Studies in Sociology and Humanities, 4(6), 97-103.
Dewi, R. (2013). Kinerja Kepala Sekolah: Pengaruh kepemimpinan Transformasional, konflik dan efikasi diri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2).
Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111-117.
Irawan, B. (2021). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 14 Banyuasin II. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 26-35.
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229.
Kellaghan, T., & Greaney, V. (2001). Using assessment to improve the quality of education (p. 98). Unesco, International Institute for Educational Planning.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).
Lubis, Z. (2022). Upaya Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Di 3 SMA Binaan Kota Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 154-166.
Luddin, A. B. M. (2013). Kinerja kepala sekolah dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Marpaung, S. F., Miranda, N., Syaroh, M., & Fatimah, T. (2023). Optimalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 14-25.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja kepala sekolah kinerja kepala sekolah, disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634-644.
Oktriany, W. H., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi Dengan Model Charlotte Danielson. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 24-36.
Rohmat, R. (2015). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Tafhim Al-'Ilmi, 7(1), 171-193.
Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan pembelajaran, 4(3), 528-534.
Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296.
Zakiyudin, A., Sitasi, C., & Ais, Z. (2020). Evaluasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Sekolah Wirausaha Indonesia. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(1), 16-20.
Zulkarnain, Z. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Bersertifikasi Pendidik. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1180-1188.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i1.17394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.