PROFIL KEMAMPUAN SCIENCE REASONING SISWA DI SMA MIFTAHUL FALAH BETAHWALANG
Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA Miftahul Falah Betahwalang kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang dipilih tidak secara acak melainkan dengan tujuan tertentu yaitu dengan Teknik Purposive sampling yang berjumlah 28 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal kemampuan penalaran ilmiah modifikasi dari soal yang dikembangkan oleh Lawson yaitu LCTRS (Lawson Classroom Test Of Scientific Reasoning). Soal yang digunakan berjumlah 12 soal uraian beralasan dengan 6 indikator. Dari hasil penelitian menunjukan gender tidak mempengaruhi kemampuan penalaran ilmiah seseorang. Skor rata-rata menunjukan tingkat penalaran ilmiah siswa laki-laki dan siswa perempuan yaitu memiliki persentase yang hampir sama yaitu untuk siswa perempuan mendapatkan skor 70% yang artinya termasuk kedalam kategori baik sedangkan skor untuk siswa laki-laki yaitu 64% juga termasuk dalam kategori baik. Skor tertinggi tingkat penalaran ilmiah pada siswa perempuan yaitu pada indikator Penalaran korelasi dengan jumlah persentase 83% dan siswa laiki – laki skor 79% sedangkan siswa laki-laki skor tertingginya terdapat pada indikator konservasi yaitu 83% sedangkan siswa perempuan skornya yaitu 76%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.
Coletta, V. P., Phillips, J. A., Savinainen, A., & Steinert, J. J. (2008). Comment on “The effects of students” reasoning abilities on conceptual understanding and problem-solving skills in introductory mechanics’. European Journal of Physics, 29(5), 1–5. https://doi.org/10.1088/0143-0807/29/5/L01
Erlina, N. S., & Wicaksono, I. (2016). Penalaran ilmiah dalam pembelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 23, pp. 473-480).
Fawaiz, S., Handayanto, S. K., & Wahyudi, H. S. (2020). Eksplorasi Keterampilan Penalaran Ilmiah Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7).
Hediana Alfian, “Identifikasi Kemampuan Penalaran Hipotesis-Deduktif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMK pada Pokok Bahasan Rangkaian Arus Sederhana Melalui Kegiatan Percobaan”, Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember, 2018, hlm. 10.
Hejnová, E., Eisenmann, P., Cihlář, J., & Přibyl, J. (2018). Relations between Scientific Reasoning and Culture of Problem Solving. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 11(2). https://doi.org/10.7160/eriesj.2018.110203
Herman Sopian, “Deskripsi Kemampuan Berpikir Logis dan Pemahaman Konsep Sistem Hormon pada Siswa Kelas XI SMA”, Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, Vol. 7, No. 2, 2019, hlm. 87.
L, K., & McNeill Joseph, K. (2008). Inquiry and scientific explanations: Helping students use evidence and reasoning. Science as Inquiry in the Secondary Setting, 121–134.
Lisa Indah Sari,dkk, “An Analysis Scientific Reasoning Ability of Class X Student SMA Negeri at Tampan District Pekanbaru in Subject Work and Energy”, Jurnal Online Mahasiswa Keguruan, Vol. 6 No. 02, hlm. 11.
Mandella, S., Suhendar, S., & Setiono, S. (2021). Kemampuan Awal Penalaran Ilmiah Peserta Didik SMA berdasarkan Gender Pada Materi Ekosistem: (Early Scientific Reasoning Ability of High School Students based on Gender In Ecosystem Materials). BIODIK, 7(2), 110-116.
Shofiyah, N., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2013). Mengembangkan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Siswa Melalui Model Pembelajran 5e Pada Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
Valensa Yossyana, dkk, ”Profil Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kelas XI di Kabupaten Jember pada Materi Usaha dan Energi”, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Fisika, Vol. 3, 2018, hlm. 249.
Zimmerman, C. (2000). The development of scientific reasoning skills. Developmental review, 20(1), 99-149
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.17977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.