KAJIAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN BUMI DAN ANTARIKSA (IPBA) DI TINJAU DARI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DI SMP NEGERI 2 BOJONG

Tahmid Tahmid, Fenny Roshayanti, Nur Khoiri, M Syaiful Hayat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pembelajaran ilmu pengetahuan bumi dan antariksa (IPBA) di SMP Negeri 2 Bojong dari sudut pandang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD). Penelitian deskriptif kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Bojong belum sepenuhnya mengintegrasikan konsep ESD dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelajaran IPBA. Sumber daya belajar yang tidak memadai, prasarana yang tidak memadai, dan dukungan dari sekolah adalah masalah yang dihadapi guru saat menerapkan ESD. Studi ini menemukan bahwa prinsip-prinsip ESD seperti relevansi, interdisipliner, kritis, partisipatif, dan berorientasi pada tindakan dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran IPBA di SMP Negeri 2 Bojong. Disarankan agar guru membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan ESD.


Keywords


Education for sustainable development (ESD); Pendidikan Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA); Pendidikan IPBA

Full Text:

PDF

References


Ardiyansah, R., & Junaedi, F. (2019). Manajemen Peliputan Berita Televisi Berbasis Jurnalisme Bencana di TVOne Biro Yogyakarta dan Jawa Tengah. In … Bencana di Indonesia (hlm. 101–114) …. https://eprints.ums.ac.id/85738/1/4. Komunikasi Lingkungan dan Komunikasi Bencana di Indonesia.pdf#page=108

Campbell, A., McNamara, O., & Gilroy, P. (2011). Qualitative Data Analysis. Practitioner Research and Professional Development in Education, 125–145. https://doi.org/10.4135/9780857024510.d49

Diniya. (2019). INTRAGATE Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Melalui Model Inkuiri. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 143–152.

Marlina, L., Tjasyono, B., & Hendayana, S. (2017). Pelatihan Guru IPA dalam Mendesain Instruksional Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa ( IPBA ) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. 716–721.

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Internatinal Science, 5, 1–238.

Rahmah, D. M. (2022). Perubahan Iklim Dalam Pendidikan Ipa Berkelanjutan. Jurnal Sains Edukatika Indonesia, 4(2), 20–25. https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/download/70940/39614

Riani, E., & Cordova, M. R. (2016). Lingkungan dan Ekologi. Pengantar Ilmu Lingkungan, 20. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/pwkl4106-pengantar-ilmu-lingkungan/

Studi, P., Ipa, P., & Garut, U. (2021). JKPI : Jurnal Kajian Pendidikan IPA. 1(2), 69–75.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue June).

Wijaya, A. F. C. (2019). Pembelajaran 1. Pembelajaran IPA dan Konsep IPBA. 6–54.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.17983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.