PENGEMBANGAN PERMAINAN SUNDA MANDA BERNOMOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III SD N GOTPUTUK KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA
Abstract
Permainan mempunyai kemampuan untuk melibatkan siswa dalam proses belajar secara aktif. Salah satu cara yaitu dengan menjadikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan uji pemahaman siswa di sekolah terutama mata pelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan di atas alternatif strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika ialah dengan menggunakan permainan tradisional sunda manda (engklek). Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengembangan permainan Sunda Manda, Mendeskripsikan permainan Sunda Manda, Mendeskripsikan keterimaan permainan Sunda Manda, serta Mendeskripsikan kelayakan permainan Sunda Manda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam pengembangan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Hasil angket respon guru mendapatkan hasil 94% yang berarti termasuk ke dalam kategori “Sangat Efektif”. Setelah media sunda manda divalidasi oleh ahli media dan ahli materi maka media sunda manda selesai dan valid untuk dipergunakan dalam pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar Kelayakan permainan Sunda Manda berdasarkan hasil kelayakan angket keefektifan kepada guru dan angket keterimaan peserta didik yang mendapatkan hasil 86% dengan kategori “Sangat Efektif”. Media sunda manda yang dikembangkan memiliki kelebihan antara lain yaitu peserta didik lebih senang dengan pembelajaran sambil bermain, secara berkelompok peserta didik dapat bersosialisasi dengan temannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jakarta: Javalitra.
Adi, B. S. (2014). Permainan Kecil “Sunda Manda” Sebagai Alternatif Bermain Anak Usia Dini. Dinamika Pendidikan, 21(01).
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.
Aisyah, A., Marzuki, M., & Puspitawati, I. D. (2013). Peningkatan kemampuan gerak dasar melompat melalui permainan tradisional engklek (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Ali Mudlofir & Evi Fatimatur Rusydiyah. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif, (Jakarta: Rajawali Pers), h. 126.
Aprili, Isnani Sara., Supriatna, Eka&Triansyah Andika. (2020). “Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa. Vol. 9 No. 3 tahun 2020. Pontianak: Progam Studi Pendidikan Jasmani FKIP Untan Pontianak.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Budiono, A., Yunitaningrum, W., & Atiq, A. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Lompat Jangkit Siswa XI Ips2 Sman 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202-209.
Darmayanti, S., & Wibowo, U. (2014). “Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo”. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 2. No. 2. Hal. 223- 234.
Diana Mutiah, (2012), Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, h. 91.
Dito Ari Prayoga. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android‖ 3: 65.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, Moh. Hafid. (2010). Local Wisdom dalam Tembang Macapat Madura. OKARA. Vol. 1. Tahun X. Mei 2015. Hal 55-72.
Fauzi, U. (2016). Aplikasi Permainan Engklek Bercahaya untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Hapsari, Agni Era. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal Scholaria, Vol. 7, No. 1, h. 5
Hurlock B, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi keenam (Terjemhan oleh Meitsari Tjadrasa, dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Iswinarti. (2007). Identifikasi Permainan Tradisional Indonesia. Laporan Hasil Survey. Malang : Fakultas Psikologi UMM.
Jamilah, Ruhil Jamil. (2017). Peran Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al Mukhlisin Medan Ta. 2016/2017. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Khadijah, (2012), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, Bandung: Citapustaka Media.
Khazanah, Dewianti. (2012). Kedudukan Bahasa Jawa Ragam Krama pada Kalangan Generasi Muda: Studi Kasus di Desa Randegan Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto dan di Dusun Tutul Kecamatan Ambulu, Jember. Jurnal Pengembangan Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012. Hal. 1-11.
Lailah R. & Rohayati S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman,‖ t.t., 1.
Laksono, Kisyani. (2009) . Dialektologi. Unesa University Press. Surabaya.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.
Mindhari, A., Yasin, I., & Isnaini, F. (2020). Perancangan Pengendalian Internal Arus Kas Kecil Menggunakan Metode Imprest (Studi Kasus: Pt Es Hupindo). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 58-63.
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Montolalu, dkk (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96.
Noor Hasyim & Ati Bahiyati Utami Putri. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional engklek Melalui Teknologi Digital Interaktif, JURNAL RUPA, Vol.2 No.2, hlm.122.
Nor Izati & Hardiyanti Pratiwi. (2016). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional, (Yogyakarta: Aswajja persindo), h. 35.
Novi Mulyani. (2016). Super Asik Permainan Tradisional Anak Indonesia, Yogyakarta, Diva Press, hlm 112.
Nunu, Mahnun. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)‖ 37: 29.
Putri, R. D. P., Kurniawan, S. J., & Safitri, N. E. (2019). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional “SUNDA MANDA”. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 8-15).
Rachmawati, Yeni, dkk. (2011). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Kencana. Siyoto dan Sodik A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Sujarno, dkk. (2013). Pemanfaatan permainan tradisional dalam pembentukan karakter anak. Yogyakarta: BPNB.
Sujirtiningsih. (2015). Pengembangan Nilai Luhur dengan Permainan Tradisional, (Tanggerang:Panja Simpati), h. 27.
Suryani, Setiawan dan Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, 9. 2.
Syafruddin Nurdin & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Pers). h. 120.
Ulya, Himmatul. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. (Kudus: FKIP Universitas Muria Kudus), h. 373.
Wahyuningsih, Sri. (2009). Permainan Tradisional Untuk Usia 4-5 Tahun. Bandung: Sandiarta Sukses.
Widya, A. & Djumaidar, M. (2004). Gerak-Gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yulita R. (2017) . Permainan Tradisional Anak Nusantara, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), hlm. 13.
Yunita Munandar. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTS 02 Raman Utara Kabupaten lampung Timur. h. 13.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i1.20165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.